Perspektif Hukum Islam terhadap praktik pengelolaan Koperasi Pondok Pesantren Mahasiswa Al - Jihad Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Sasa (2023) Perspektif Hukum Islam terhadap praktik pengelolaan Koperasi Pondok Pesantren Mahasiswa Al - Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sasa Putri_ C72219075 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Perspektif Hukum Islam Terhadap Praktik Pengelolaan Koperasi Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Surabaya” ini merupakan hasil penelitian kualitatif guna untuk untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana penerapan sistem Pengelolaan Koperasi Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Surabaya, apa telah singkron atau belum dengan yang disyariatkan Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif merupakan suatu penelitian dengan menggunakan wawancara secara terbuka untuk memahami pandangan, perilaku dan sikap dari suatu individu ataupun kelompok orang secara menyeluruh berdasarkan suatu persoalan yang ingin diselesaikan. Sebagaimana dalam penelitian ini peneliti berusaha untuk menganalisis bagaimana sistem pengelolaan koperasi Ponpes Mahasiswa Al- Jihad surabaya yang ditinjau dari penerapan Hukum Islam itu sendiri. Mengenai data yang diperoleh dari wawancara dengan para pihak yang berkaitan dengan permasalahan tersebut, masih terdapat beberapa kegiatan ataupun praktik pengelolaan koperasi Ponpes Mahasiswa Al- Jihad Surabaya yang belum sesuai dengan ketentuan pada Bayt Al Māl wa Al-Tamwīl dan Koperasi Syariah. Sebagaimana praktik kegiatan yang belum sesuai adalah pada asas tolong menolong dan kekeluargaan yang mana dalam penerapannya masih terdapat kegiatan dalam transaksi simpan pinjam dengan jangka waktu yang lama sehingga menimbulkan anggota tidak bisa menunggu lama, kemudian pada toko koperasi yang melakukan kegiatan jasa pengambilan paket online dimana setiap paket tersebut santri diwajibkan membayar sebesar 2.000. Maka dari itu kesimpulan dari permasalahan tersebut adalah sebagi koperasi yang berada dibawah naungan pondok pesantren yang diidentik dengan pemahaman ilmu agamanya lebih banyak, hendaknya dalam mengelola koperasi untuk membangun kesejahteraan pondok benar- benar menerapkan asas koperasi yaitu tolong- menolong yang sepenuhnya dengan tidak memberatkan santri ataupun masyarakat sekitar sehingga koperasi tersebut dapat berkembang dan santri tidak merasakan keberatan untuk pemenuhan kebutuhannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, SasaSasaputri0108@gmail.comC72219075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hadi, Abu Azamabuazam1958@gmail.com2012085801
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Ekonomi
Koperasi
Keywords: Hukum Islam; koperasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sasa Putri
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:41
Last Modified: 07 Mar 2023 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59844

Actions (login required)

View Item View Item