Fenomena LGBT dalam perspektif hadis: studi ma'anil hadith riwayat al-Tirmidhi Nomor Indeks 1457

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Montifani, Renanda Rezad (2023) Fenomena LGBT dalam perspektif hadis: studi ma'anil hadith riwayat al-Tirmidhi Nomor Indeks 1457. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Renanda Rezad Montifani_E05219033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perilaku LGBT saat ini banyak ditemukan di berbagai tempat bahkan di beberapa negara, meskipun keberadaan mereka mengundang banyak kontroversi. Namun mereka tetap eksis dan menganggap bahwa perilaku tersebut merupakan gaya hidup masyarakat modern, bahkan sampai dianggap sebagai sesuatu hal yang wajar. Rasulullah saw sangat takut jika kaumnya sampai terjerumus pada perbuatan yang menyerupai kaum Nabi Luth as. yang disabdakan pada hadis riwayat al-Tirmidhi nomer indeks 1457. Penelitian ini memiliki fokus kajian tentang kritik sanad dan matan hadis serta ilmu ma’anil hadis yang digunakan untuk memaknai hadis secara menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan kualitas dan kehujjahan suatu hadis serta memperoleh pemaknaan yang tepat untuk dikorelasikan dengan problematika yang saat ini banyak terjadi. Pada penelitian ini, menggunakan metode library research yang mana pada proses penelitiannya menggunakan jurnal, buku, serta literatur lain sebagai jembatan untuk mengumpulkan data-datanya. Selain itu pada penelitian ini juga menggunakan pendekatan fenomenologi yang mana digunakan penulis untuk melihat gejala-gejala yang muncul di masyarakat saat ini. Hasil akhir yang diperoleh pada penelitian ini adalah pertama, kualitas hadis tentang LGBT riwayat al-Tirmidhi nomer indeks 1457 yang memiliki derajat hadis hasan li datihi. Kedua, pemaknaan hadis riwayat al-Tirmidhi nomer indeks 1457 memiliki makna bahwa Rasulullah sangat takut apabila umatnya melakukan perbuatan kaum Luth, yang berarti tidak ada yang paling dikhawatirkan atau ditakutkan selain perbuatan tersebut. Ketiga, implikasi hadis tentang LGBT yang diriwayatkan oleh al-Tirmidhi nomer indeks 1457 dengan perilaku LGBT yang saat ini terjadi. Hadis ini erat hubungannya dengan problematika LGBT yang banyak terjadi saat ini, karena Nabi saw mengkhawatirkan hal tersebut dilakukan karena dampak yang ditimbulkan setiap orang begitu besar baik secara medis, hukum maupun agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Montifani, Renanda Rezadrenandamonti05@gmail.comE05219033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Lingkungan Hidup
Remaja, Gaya hidup
Keywords: al-Tirmidhi; fenomenologi; Fenomena LGBT
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Renanda Rezad Montifani
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:29
Last Modified: 27 Feb 2023 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59862

Actions (login required)

View Item View Item