Fungsi seni musik kote’an pada tradisi 5 bulanan ibu hamil di Dusun Larangan, Dalegan, Panceng, Gresik: kajian folklor setengah lisan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azhari, Putri Rani Kharisma (2022) Fungsi seni musik kote’an pada tradisi 5 bulanan ibu hamil di Dusun Larangan, Dalegan, Panceng, Gresik: kajian folklor setengah lisan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampek Surabaya.

[img] Text
Putri Rani Kharisma Azhari_A94219060 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Putri Rani Kharisma Azhari_A94219060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kote'an merupakan seni musik yang berkembang di Dusun Larangan Dalegan yang memiliki keunikan tersendiri. Seni musik menjadi latar belakang penelitian ini, mengingat musik tradisional Kote'an merupakan tradisi semi lisan. Tujuan dari penelitian ini tidak hanya untuk mempublikasikan karya tersebut tetapi juga untuk mengetahui struktur dan fungsi seniman yang sebenarnya melalui analisis dengan menggunakan teori Alan Dundes. Menggunakan metode pendekatan cerita rakyat yang dikemukakan oleh James Dananjaja dengan teknik observasi, wawancara, dan pencatatan. Tradisi ini erat kaitannya dengan perayaan 5 bulan hamil atau melakukan rujaki. Musik tradisi kote'an saat ini digunakan sebagai bahan hiburan. Tradisi ini dilakukan dengan menggunakan alu dan lesung dan dimainkan oleh beberapa orang dengan memukul lesung dengan nada yang berbeda-beda. Melalui kajian dan analisis, diperoleh hasil penelitian yang meliputi: Struktural Kote'an 1) struktur pembentuk teori struktur Alan Dundes melalui cerita rakyat dan mitos yang berkembang dan 2) struktur pembentuk seni musik fisik yang meliputi: 1) musikal instrumen, 2) lagu (nada), 3) pakaian, 4) Pemain, 5) upacara adat. Fungsi Kote’an : 1) Sebagai hiburan, 2) Alat penyelenggaraan lembaga kebudayaan, 3) Sarana pendidikan bagi anak-anak, 4) Sosialisasi penerapan nilai-nilai dalam kehidupan berupa nilai religi atau religi, nilai budaya, nilai pendidikan, nilai sosial, nilai moral, dan nilai estetika dan 5) Sarana penyebaran Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azhari, Putri Rani Kharismaraniputri404@gmail.comA94219060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShofiyuddin, Harisharisshofiyuddin@gmail.com2018048201
Thesis advisorSekti Wijaya, Gunturgswijaya1986@uinsby.ac.id2024058601
Subjects: Kebudayaan Jawa
Adat
Budaya
Keywords: Seni musik kote’an; tradisi 5 bulanan ibu hamil; desa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Putri Rani Kharisma Azhari
Date Deposited: 20 May 2024 07:25
Last Modified: 20 May 2024 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59868

Actions (login required)

View Item View Item