Discord sebagai media komunikasi gen Z di kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utomo, Gilang Aista Wahyu (2023) Discord sebagai media komunikasi gen Z di kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gilang Aista Wahyu Utomo_B95219099.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persoalan yang hendak dikaji pada penelitian ini adalah mencari fenomena dan makna dari penggunaan discord sebagai media komunikasi. Dalam mengungkapkan persoalan tersebut peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif fenomenologi dalam menggali pengalaman pribadi dari para informan selaku pengguna aplikasi Discord. Adapun teori pendukung dari penggunaan aplikasi Discord bagi Gen Z sebagai media komunikasi adalah Teori Penggunaan dan Pemenuhan Kepuasan dari Em Griffin dalam mencari gagasan dan pendapat dari audiens pengguna terkait fenomena Discord dan Penggunaan Teori Semantik ferdinand de Saussure untuk mencari makna. Diketahui bahwa adanya fenomena dan makna dari Discord Sebagai Media Komunikasi Gen Z memiliki latar belakang yang berbeda beda. Hal ini didasari pengalaman dari tiap pengguna Discord yang tidak sama, mulai karena tuntutan dari lingkungan yang mengharuskan untuk membatasi kegiatan bertatap muka. Keterbatasan jarak dan waktu yang mengharuskan mencari medium penghubung dalam berkomunikasi. Lalu sebagai sarana dalam mencari hiburan yang memang sangat bisa diberikan oleh aplikasi ini. Kemudian sebagai tempat yang menunjang kegiatan produktif dan sarana belajar karena banyaknya forum diskusi yang tersebar pada tiap servernya. Faktor dari adanya rekomendasi dan influence juga menjadi alasan tersendiri dari munculnya fenomena penggunaan Discord hal ini berhubungan dengan kegiatan persuasif dan trust issue yang di berikan oleh pengguna Discord yang diberikan rekomendasi. Pada individu pengguna Discord juga berbeda dikarenakan pengalaman historis selama menggunakan aplikasi ini tentu tidak sama. Hal ini juga dilihat dari adanya penanda dan petanda dari tiap informan yang berbeda-beda. Kata-kata kunci: Discord, Media Komunikasi, Gen Z

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utomo, Gilang Aista Wahyuwahyugilang113@gmail.comB95219099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, Liliklilikhamidah89@gmail.com2017127301
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Massa
Media Sosial
Keywords: Discord; gen Z; media komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: gilang aista wahyu utomo
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:45
Last Modified: 07 Mar 2023 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59884

Actions (login required)

View Item View Item