Analisis tingkat selektivitas alat tangkap nelayan di Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang, Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falach, Muh Fajrul (2022) Analisis tingkat selektivitas alat tangkap nelayan di Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh Fajrul Falach_H74218023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Operasi penangkapan ikan tidak cukup ketika alat tangkap yang digunakan dapat menangkap jumlah ikan yang banyak tetapi juga diperlukan alat tangkap yang bertanggung jawab untuk menjaga populasi ikan agar tercipta perikanan dengan skala berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui komposisi ikan hasil tangkapan, selektivitas alat tangkap dan mengetahui tingkat keramahan alat tangkap di TPI 1 dan TPI 2 Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode survey dan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner berdasarkan FAO (1995) menggunakan 9 kriteria pertanyaan. Alat tangkap yang digunakan oleh nelayan di TPI Desa Tasikagung terdiri dari alat tangkap mini purse seine dan jaring tarik berkantong. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu alat tangkap mini purse seine mempunyai 2 komposisi hasil tangkapan utama yang terdiri dari 4 spesies dengan presentase 65% dan tangkapan sampingan sebanyak 9 spesies dengan presentase 35% sedangkan alat tangkap jaring tarik berkantong terdiri dari 3 spesies tangkapan utama dengan presentase 25% dan hasil tangkapan sampingan sebanyak 9 spesies dengan presentase 75%. Tingkat selektivitas dari kedua alat tangkap tersebut tergolong rendah dikarenakan memperoleh hasil H’ > 1. Tingkat keramahan alat tangkap pada kedua alat tangkap tergolong sangat ramah lingkungan dengan kriteria 28-36.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falach, Muh Fajrulfajrul.falach.1999@gmail.comH74218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Andik Dwi----
Thesis advisorFahmi, Muhammad Yunanmyunanf@gmail.com201409004
Subjects: Ilmu Kelautan
Masyarakat
Keywords: Alat tangkap; selektivitas; Tasikagung
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Muh Fajrul Falach
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:45
Last Modified: 28 Feb 2023 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59927

Actions (login required)

View Item View Item