Pengaruh penggunaan alokasi dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat desa melalui variabel intervening pembangunan infrastruktur desa: survey pada masyarakat Dusun Krajan Desa Cancung Kecamatan Bubulan Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Lifiani Ira (2022) Pengaruh penggunaan alokasi dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat desa melalui variabel intervening pembangunan infrastruktur desa: survey pada masyarakat Dusun Krajan Desa Cancung Kecamatan Bubulan Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lifiani Ira Hidayatullah_G91218080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan program dan kegiatan desa di bidang pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat desa diprioritaskan untuk dibiayai dengan alokasi dana desa. Jika keuangan desa dikelola secara transparan, akuntabel, tertib, dan disiplin anggaran, dengan partisipasi pemangku kepentingan yang beragam, maka pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat desa dapat dilaksanakan secara efektif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh alokasi dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat desa melalui variabel intervening pembangunan infrastruktur desa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif asosiatif dengan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 92 responden yang merupakan masyarakat di Dusun Krajan Desa Cancung Kecamatan Bubulan Kabupaten Bojonegoro. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh secara langsung penggunaan alokasi dana desa berpengaruh terhadap pembangunan infrastruktur desa, penggunaan alokasi dana desa dan pembangunan infrastruktur desa berpengaruh terhadap pemberdayaan masyarakat desa, dan pengaruh secara tidak langsung penggunaan alokasi dana desa berpengaruh terhadap pemberdayaan masyarakat desa melalui pembangunan infrastruktur desa sebagai variabel intervening. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini kepada pemerintah Desa Cancung yaitu agar lebih dapat mengalokasikan dana desa pada program pembangunan infrastruktur desa dan pemberdayaan masyarakat desa secara merata dan menyeluruh agar manfaat yang diperoleh dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Desa Cancung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Lifiani Iralifianiira@gmail.comG91218080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id--
Subjects: Pemberdayaan
Pembangunan > Pembangunan Desa
Keuangan
Keywords: Penggunaan alokasi dana desa; pemberdayaan masyarakat desa; pembangunan infrastruktur desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Lifiani Ira Hidayatullah
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:03
Last Modified: 28 Feb 2023 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59946

Actions (login required)

View Item View Item