Analisis manajemen pendistribusian dana zakat, infaq dan shadaqah BAZNAS Kabupaten Sumenep untuk penanggulangan bencana

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Silviana, Silviana (2022) Analisis manajemen pendistribusian dana zakat, infaq dan shadaqah BAZNAS Kabupaten Sumenep untuk penanggulangan bencana. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silviana_G95217065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pendistribusian dana zakat, infaq dan shadaqah Baznas Kabupaten Sumenep untuk penanggulangan bencana yaitu melalui berbagai program kebencanaan yang bentuknya disesuaiakan dengan kebutuhan dilapangan. Pada saat gempa bumi di Pulau Sapudi, Baznas Kabupaten Sumenep mengalokasikan dana sebesar Rp. 32.000.000 yang kemudian diwujudakn dalam program evakuasi, distribusi logistik, kesehatan, dapur umum, kebersihan, dan pemulihan pasca bencana. Sementara di Batu Putih dikeluarkan dana sebesar Rp. 11.000.000 dengan program meliputi distribusi logistik, dapur umum, kebersihan, pendampingan anak, dan pemulihan pasca bencana. Adapun untuk mengatasi bencana kekeringan di wilayah kabupaten sumenep Baznas menggelar pemetaan, droping air bersih, pembuatan sumur bor dan pemberian pompa air yang secara keseluruhan menghabiskan dana sebesar Rp. 6.000.000 analisis strategi pendistribusian dana zakat, infaq, dan shadaqah Baznas Kabupaten Sumenep untuk penanggulangan bencana secara umum sudah dapat dikatakan efektif meskipun masih terdapat berbagai kelemahan di berbagai sisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Silviana, Silvianasilvianayanaviana98@gmail.comG95217065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com--
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pendistribusian dana ZIS; Baznas; penanggulangan bencana
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: silviana silviana
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:56
Last Modified: 02 Mar 2023 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59959

Actions (login required)

View Item View Item