Tinjauan fiqh siyasah terhadap peraturan walikota nomor 16 tahun 2022 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyadi, Ubaidillah (2023) Tinjauan fiqh siyasah terhadap peraturan walikota nomor 16 tahun 2022 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ubaidillah Rosyadi_C04218033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tinjauan Fiqh siyasah Terhadap Pengurangn Penggunaan Kantong Plastik Di Kota Surabaya Berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 16 Tahun 2022”. Ini adalah hasil penelitian normatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang: 1) Bagaimana Pertimbangan dan Dasar Hukum Walikota Terhadap Peraturan Walikota Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong plastic , 2) Bagaimana Relevansi Peraturan Walikota Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Di Kota Surabaya? Data penelitian ini di himpun menggunakan teknik studi kepustakaan yang di analisis secara kualitatif, kemudian di sajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakanj deskriptif analisis yang kemudian di analisis secara deduktif sehingga menjadi data yang konktit mengenai Pelaksanaan Peraturan Walikota Nomor 16 Tahun 2022, kemudian data tersebut di olah menggunakan Teori hukum Islam yaitu Wizarah dalam Fiqh Siyasah. Hasil penelitian ini pertama, menunjukkan bahwa peraturan yang dikeluarkan oleh walikota mengenai pengurangan penggunaan kantong plastik di Kota Surabya yang diatur dalam Peraturan Walikota Surabaya Nomor 16 Tahun 2022 merupakan sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh walikota sebagai tugas membantu presiden di daerah yang mana memiliki hak untuk mengeluarkan sebuah peraturan demi kemaslahatan umat. Sehingga masyarakat diharapkan patuh untuk mengurangi penggunaan sampah plastik di Kota Surabaya. Kedua, dalam fiqh siyasah dusturiyyah yaitu dengan menggunakan teori wazir dan maslahah mursalah yang mana dinilai sudah benar karena wazir itu sendiri bertugas membantu khalifah dalam bidang pemerintahan yang hampir sama dengan peran seorang Wlikota pada zaman sekarang dan termasuk dalam fath adz-dzari’ah menetapkan hukum atas suatu perbuatan tertentu yang pada dasarnya diperbolehkan guna kemaslahatan umat. Sejalan dengan kesimpulan yang ada diatas maka dibutuhkan kerjasama masyarakat untuk mendukung kebijakan Walikota mengenai pengurangangan sampah plastik di Kota Surabaya yang di atur dalam Peraturan Walikota Surabaya Nomor 16 Tahun 2022 guna mewujudkan salah satu langkah penanganan semakin banyaknya sampah plastik di Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyadi, Ubaidillahdosisubaid@gmail,comC04218033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarjiati, Sriwarjiyatisri@gmail.com2026086802
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Undang-undang; pengurangan sampah plastik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Ubaidillah Rosyadi
Date Deposited: 01 Mar 2023 01:12
Last Modified: 01 Mar 2023 01:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59977

Actions (login required)

View Item View Item