Hubungan antara kohesivitas sosial, trust dengan toleransi beragama pada masyarakat Kalimantan Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tanjung, Beby Grace (2023) Hubungan antara kohesivitas sosial, trust dengan toleransi beragama pada masyarakat Kalimantan Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Beby Grace Tanjung_J71216053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengrtahui hubungan antara kohesivitas social, Trust dengan toleransi beragama pada Masyarakat Kalimantan Timur. Subyek Penelitian ini adalah masyarakat Kalimantan Timur yang berumur anatar 17 tahun sampai 30 tahun dengan sampel sebanyak 100 orang. Pengumpulan data menggunakan Skala Likert bedasarkan teori yang dikemukakan oleh Sugiyono yang telah di adaptasi. Skala Kohesivitas social bedasarkan teori yang dikemukakan George & Jones. Skala Trust bedasarkan teori yang dikemukakan Mayer et al. Sedangkan Skala Toleransi Beragama bedasarkan teori yang dikemukakan Allport. Metode Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah meode korelasi . Hssil korelasi dari hasil uji analisis korelasi yang ada pada tabel diatas menunjukkan nilai koefisien korelasi variabel kohesivitas dengan toleransi beragama menghasilkan nilai koefisien hitung 0,626 > 0,196 dengan nilai signifikansi (sig.) 0,000 < 0.05 yang dapat disimpulkan bahwa ada hubungan atau korelasi yang signifikan antara variabel kohesivitas dengan toleransi beragama. Begitu Pula dengan korelasi dari variabel trust dengan toleransi beragama menghasilkan nilai koefisien hitung 0,523 > 0,196 dengan nilai signifikan (sig.) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel trust dengan toleransi beragama

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tanjung, Beby Gracebebygracetanjung15@gmail.comJ71216053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid@uinsby.ac.id2005027501
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Kohesivitas sosial; trust; toleransi beragama; masyarakat
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Beby Grace Tanjung
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:41
Last Modified: 28 Feb 2023 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59983

Actions (login required)

View Item View Item