Interelasi antara warga NU dan Muhammadiyah dalam Membangun Keharmonisan di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailyah, Ning Arifatul (2023) Interelasi antara warga NU dan Muhammadiyah dalam Membangun Keharmonisan di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ning Arifatul Lailiyah_A92217123 OK.pdf

Download (698kB)
[img] Text
Ning Arifatul Lailiyah_A92217123 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini melalui pendekatan sejarah sosiologi, difokuskan pada hubungan antara warga NU dan Muhammadiyah, dianalisis menggunakan teori hubungan interpersonal oleh Judy C. Pearsonyang menyatakan karakteristik hubungan interpersonal adalahmenempatkan kedua belah pihak yang berhubungan saling bergantung antarasatu sama lain. Penelitian ini memakai metode penelitian sejarah, meliputi: heuristik (pengumpulan data), verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Dalam teknik pengumpulan data peneliti mendapat sumber berupa buku agenda, arsip, lampiran, wawancara dengan masyarakat Desa Bungahserta dokumentasi yang menjadi sumber primer sedangkan sumber sekunder menggunakan buku, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan penelitian. Kesimpulan skripsi ini adalah: 1) Istilah Bungah berasal dari bunga dan buah kelapa yang diartikan bongo sehingga terjadi penyebutan namaDesa Bungah dan pertama kali muncul pada masa Kiai Gede yang merupakan penyebar Islam di Desa Bungah. 2)NU dan Muhammadiyah bediri di Desa Bungah disebabkan karena kepentingan partai politik masyumi pada pemilu 1955 namun secara kelembagaanNU baru terstruktur tahun 1975sedangkan Muhammadiyah pada 15 November 1987 3) Interelasi antara warga NU dan Muhammadiyah dalam membangun keharmonisan di Desa Bungah terjadi pada bidang: sosial dan keagamaan, pendidikan, ekonomi dan budaya. Adapun faktor penyebabnya adalah kekerabatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailyah, Ning Arifatullailiaharifah@gmail.comA92217123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, M.ridwanabubakar59@gmail.com2017075901
Thesis advisorGhazali, Imamimamghazalisaid@gmail,com2012026001
Subjects: Hubungan Masyarakat
Organisasi Masyarakat
Keywords: Desa Bungah; Interelasi; NU dan Muhammadiyah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ning Arifatul Lailiyah
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:00
Last Modified: 19 Dec 2023 04:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60007

Actions (login required)

View Item View Item