Iringan musik Gamelan Jidor dalam pertunjukan seni pencak silat Pagar Nusa di Desa Pabean Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibah, Umi (2023) Iringan musik Gamelan Jidor dalam pertunjukan seni pencak silat Pagar Nusa di Desa Pabean Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Habibah_A92217090 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Iringan Musik Gamelan Jidor dan Pertunjukan Seni Pencak Silat Pagar Nusa Di Desa Pabean Kecamatan Sedati Kaupaten Sidoarjo ini memfokuskan pada tiga pertanyaan berikut: (1) Monografi Desa Pabean Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo, (2) Iringan musik gamelan jidor dan pertunjukan pencak silat Pagar Nusa di Desa Pabean Sedati Sidoarjo, (3) Fungsi iringan musik gamelan jidor dalam pertunjukan seni pencak silat Pagar Nusa di Desa Pabean Sedati Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah dan etnografi dengan dianalisis menggunakan teori fungsionalisme dari Malinowski. Pada proses pengumpulan data penelitian ini digunakan metode penelitian etnografi untuk mendapatkan pandangan dari pelaku budaya. Hasil dari analisis data disimpulkan bahwa (1) Penduduk di Desa Pabean Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo secara keseluruhan berjumlah 19.782 Jiwa dengan jumlah kepala keluarga yakni 4835 Kepala Keluarga serta memiliki berbagai macam pendidikan dan pekerjaan. Kesenian di desa tersebut adalah gamelan jidor dan seni pencak silat Pagar Nusa, (2) Musik gamelan jidor telah mengiringi seni pencak silat Pagar Nusa di Desa Pabean Sedati Sidoarjo pada tahun 1960-an. Alat musiknya terdiri dari Jidor, kendang, gong, saron, demung dan lain-lain. Dimainkan oleh pemuda hingga orang tua. (3) Fungsi gamelan jidor dari sisi wiyaga (pemusik), pendekar, pengundang dan penonton adalah mengiringi pencak silat pagar nusa di berbagai acara, sebagai hiburan di sela-sela kesibukan sekaligus melestarikan kesenian, pengatur cepat-lambat berat-ringan serta kemantapan gerakan seni silat, sebagai selingan dan pemeriah acara, menambah nuansa menegangkan dari unsur auditif yang disuguhkan dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibah, Umihabibahumi873@gmail.comA92217090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, RidwanUNSPECIFIED2017075901
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Budaya Organisasi
Musik
Keywords: Gamelan Jidor; Pagar Nusa; Sidoarjo
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Umi Habibah
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:25
Last Modified: 06 Apr 2023 04:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60009

Actions (login required)

View Item View Item