Analisis Al-Maslahah Al-Mursalah terhadap penerapan Aplikasi My Pertamina dalam pembelian BBM bersubsidi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Fuji Fitria (2023) Analisis Al-Maslahah Al-Mursalah terhadap penerapan Aplikasi My Pertamina dalam pembelian BBM bersubsidi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fuji Fitria Ningsih_C92219099_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian ini jenis penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data primer yang digunakan penulis adalah Aplikasi My Pertamina dan pihak SPBU. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis menggunakan observasi , Teknik wawancara (interview), dan dokumentasi, selanjutnya penulis mengumpulkan semua data , kemudian meneliti satu persatu data yang akan digunakan agar tidak terjadi kekeliruan dalam proses pengambilan data. Yang terakhir penulis menganalisa data menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini penerapan aplikasi My Pertamina dalam pembelian BBM bersubsidi adalah alat digitalisasi nozzle dengan pembayaran non tunai yang dilakukan di SPBU My Pertamina sebagai langkah pengendalian jenis bahan bakar tertentu, pembelian BBM Bersubsidi melalui aplikasi My Pertamina memberikan banyak keuntungan dan kemudahan, penggunaan smartphone di SPBU sebagai alat pembayaran non tunai diperbolehkan dengan batas jarak aman 1,5 meter dari area dispenser SPBU, penggunaan aplikasi My Pertamina dalam pembelian BBM bersubsidi sebagai alat pembayaran non ditinjau dari aspek Al Maṣlaḥah Al Mursalah masuk dalam tingkatan Al-Maṣlaḥah Al-Hajjiyat (sekunder), hal ini dikarenakan penggunaan aplikasi My Pertamina sebagai alat pembayaran non tunai jika tidak dilakukan tidak mendatangkan kemudharatan dan jika dilakukan mendapatkan kemudahan serta keuntungan. Sejalan dengan hasil penelitian di atas, penulis menyarankan: Pertama, untuk mengoptimalkan persiapan penerapan aplikasi My Pertamina pada seluruh SPBU di Indonesia, PT Pertamina (Persero), serta memberikan tanda batas aman penggunaan smartphone pada aera SPBU, Kedua, kepada masyarakat yang telah menggunakan aplikasi My Pertamina agar tetap menggunakan aplikasi tersebut karena hal ini membantu program pemerintah yang bertajuk “Gerakan Nasional Non Tunai” sebagai Langkah menghentikan beredarnya uang palsu, dan bagi masyarakat yang belum menggunakan aplikasi My Pertamina sebaiknya mulai mengikuti perkembangan zaman dengan cara belajar menggunakan aplikasi My Pertamina sebagai alat transaksi pembelian Bahan Bakar Minyak bersubsidi di SPBU.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Fuji Fitriafujifitrianingsih@gmail.comC92219099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hadi, Abu Azamabuazam1958@gmail.com2012085801
Subjects: Fasilitas Umum
Hukum Ekonomi
Muamalat Muamalah
Keywords: Aplikasi My Pertamina; Aplikasi online
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: FUJI FITRIA NINGSIH
Date Deposited: 29 May 2023 07:45
Last Modified: 29 May 2023 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60020

Actions (login required)

View Item View Item