Pesantren Jauharotul Hikmah di Lokalisasi Dolly Putat Jaya Kecamatan Sawahan Surabaya (2006-2022)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qotrunada, Alfrida Fajar (2023) Pesantren Jauharotul Hikmah di Lokalisasi Dolly Putat Jaya Kecamatan Sawahan Surabaya (2006-2022). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfrida Fajar Qotrunada_A72218040 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus berjumlah tiga permasalahan, yaitu: (1) Bagaimana gambaran umum lokasi Pesantren Jauharotul Hikmah di gang Dolly Kelurahan Putat Jaya (2) Bagaimana sejarah berdirinya Pesantren Jauharotul Hikmah (3) Apa kontribusi Pesantren Jauharotul Hikmah untuk masyarakat gang Dolly dan sekitarnya.Skripsi ini menggunakan empat langkah metode penelitian sejarah,penulis juga menggunakan pendekatan sosiologi sebagai alat bantu analisis sosial kebudayaannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah role theory atau teori peran yang Soerjono Soekanto tafsirkan sebagai aspek dinamis kedudukan (status). Dari penelitian yang telah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Pesantren Jauharotul Hikmah terletak di Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Surabaya, yang mana daerah ini dulunya merupakan area makam Cina dan dikenal sebagai daerah prostitusi (2) Pesantren Jauharotul Hikmah dirintis sejak tahun 2006, tetapi baru mendapatkan izin berdiri secara sah dimata hukum pada tahun 2008. Hingga sekarang Pesantren JeHa telah memiliki dua gedung atas nama pesantren yang digunakan unuk sarana belajar para santri
(3) Pesantren Jauharotul Hikmah memiliki kepedulian terhadap upaya perbaikan kondisi sosial, pendidikan, terutama agama bagi masyarakat. Maka rasa kepedulian tersebut tertuang dalam peran-peran pesantren untuk masyarakat selama ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qotrunada, Alfrida Fajaralfridafajarq@gmail.comA72218040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Thesis advisorHajar, Imam IbnuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hubungan Masyarakat
Komunikasi Islam
Toleransi
Keywords: Pesantren Jauharotul Hikmah; Dolly; sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Alfrida Fajar Qotrunada
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:10
Last Modified: 20 Mar 2023 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60024

Actions (login required)

View Item View Item