Ilokusi bernilai didaktis pada tokoh dalam animasi Nussa dan Rarra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Luthfi Eka (2023) Ilokusi bernilai didaktis pada tokoh dalam animasi Nussa dan Rarra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luthfi Eka Damayanti_A94219052 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus analisis pada bentuk tuturan ilokusi yang mengandung makna didaktis pada Animasi Nussa dan Rarra musim pertama karya Aditya Triantoro. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk tuturan ilokusi yang memiliki makna didaktis sesuai dengan rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori tindak tutur milik John Searle dimana Searle membagi tindak tutur ilokusi menjadi lima bagian, yaitu direktif, deklaratif, representatif, komisif, dan ekspresif. Dalam penelitian ini ditemukan kutipan dialog dari tokoh dalam animasi tersebut yang cocok dengan karakteristik teori. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukannya tuturan ilokusi dalam animasi yang memiliki nilai didaktis sebanyak 20 tuturan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berjumlah dua puluh kutipan dengan diantaranya terbagi menjadi 11 tuturan direktif (perintah, undangan atau ajakan, nasehat, dan permintaan atau permohonan), 2 tuturan deklaratif (larangan), 1 tuturan Representatif (pernyataan aktivitas yang sedang dilakukan), 2 tuturan komisif (ungkapan janji), dan 4 tuturan ekspresif (ucapan maaf)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Luthfi Ekaluthfiekad@gmail.comA94219052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, NurUNSPECIFIED2020066401
Thesis advisorIndriyani, Jiphie GiliaUNSPECIFIED2016018802
Subjects: Linguistik
Keywords: Ilokusi; tindak tutur; pragmatik; animasi; Nussa dan Rarra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Luthfi Eka Damayanti
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:46
Last Modified: 06 Mar 2023 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60030

Actions (login required)

View Item View Item