Pengaruh kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada masa pandemi COVID-19 terhadap Kemiskinan di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawardani, Riskia (2022) Pengaruh kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada masa pandemi COVID-19 terhadap Kemiskinan di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riskia Setiawardani_G91218092 OK.pdf

Download (423kB)
[img] Text
Riskia Setiawardani_G91218092 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Penyebaran COVID-19 yang begitu cepat hingga ke berbagai negara termasuk Indonesia membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan PSBB yang menuntut masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas dirumah saja, sehingga mengakibatkan dampak ekonomi. Banyak perusahaan mengalami kerugian yang selanjutnya mengakibatkan ketidakmampuan perusahaan dalam memberikan upah kepada pekerja, sehingga banyak perusahaan terpaksa melakukan PHK. Kota Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia mengalami peningkatan jumlah pengangguran dan peningkatan jumlah penduduk miskin pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh kebijakan PSBB terhadap kemiskinan di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini 130. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa variabel kebijakan PSBB (X) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap variabel kemiskinan (Y). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,298. Maka, dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel kebijakan PSBB (X) terhadap variabel kemiskinan (Y) adalah sebesar 29,8%. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan PSBB memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan di Kota Surabaya. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk penelitian yang akan datang dapat memperluas objek penelitian, dapat menambahkan jumlah sampel yang akan diteliti, dan dapat menambahkan variabel lain yang dapat menjadi dampak dari penerapan kebijakan PSBB pada masa pandemi COVID-19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawardani, Riskiariskiasetia@gmail.comG91218092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id--
Subjects: Kemiskinan
Keywords: Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB); Kemiskinan; pandemi COVID-19
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Riskia Setiawardani
Date Deposited: 28 Dec 2023 13:33
Last Modified: 28 Dec 2023 13:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60033

Actions (login required)

View Item View Item