Pengaruh self compassion dan social support terhadap resiliensi pada remaja

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Ika Dyah Ayu (2023) Pengaruh self compassion dan social support terhadap resiliensi pada remaja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Dyah Ayu Fitria_J71217070.pdf

Download (3MB)

Abstract

Resiliensi adalah kualitas individu bertahan dan berkembang dalam menghadapi kesulitan yang diukur melalui kompetensi personal, kepercayaan diri, penerimaan positif, kontrol diri, dan spiritualitas. Remaja adalah salah satu individu yang membutuhkan adanya resiliensi, karena tugas perkembangan yang menuntut mereka harus adaptif terhadap setiap masalah. Namun tidak setiap remaja beruntung mendapatkan kehidupan di kelilingi keluarga tercinta sehingga harus hidup di panti asuhan. Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self compassion dan social support terhadap resiliensi remaja. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja yang tinggal di panti asuhan dengan teknik yang digunakan quota sampling sehingga mencapai 250 subjek. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dan data di analisis dengan analisis regresi berganda. Terdapat tiga instrument yang digunakan yakni skala Connor Davidson Scale 10 (CD-RISC), Self Compassion Scale-Short Form (SCS-SF), dan Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). Hasil yang didapatkan penelitian ini bahwa terdapat pengaruh signifikan secara parsial maupun simultan pada self compassion dan social support terhadap resilien pada remaja, khususnya yang tinggal di panti asuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Ika Dyah Ayuayfi854@gmail.comJ71217070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnanylufianaharnany2017@gmail.com0027027604
Subjects: Panti Asuhan
Remaja
Keywords: Resiliensi; self compassion; social support; remaja panti asuhan
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ika Dyah Ayu Fitria
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:25
Last Modified: 27 Jun 2023 05:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60051

Actions (login required)

View Item View Item