Hubungan syukur dan sabar dengan kebahagiaan guru sekolah luar bias di Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Mega Surya (2023) Hubungan syukur dan sabar dengan kebahagiaan guru sekolah luar bias di Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mega Surya Dewi_J71217078.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kebahagiaan adalah suatu hal yang penting dan hak bagi setiap manusia. Meskipun guru anak berkebutuhan khusus mengalami beberapa hal yang menyulitkan dan merasakan emosi negatif ketika mengajar, guru anak berkebutuhan khusus harus bahagia. Dengan merasa bahagia, guru anak berkebutuhan khusus dapat bekerja dan berkontribusi lebih baik dalam pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan syukur dan sabar dengan kebahagiaan guru sekolah luar biasa di kabupaten Tuban. Merupakan penelitian kuantitif korelasional dengan menggunakan subjek 49 guru anak berkebutuhan khusus. Menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Subjek dalam penelitian ini memiliki kriteria yaitu beragama islam dan telah berumah tangga. Terdapat tiga alat ukur yang digunakan yaitu teori kebahagiaan dari Al-Ghazali (2001), teori syukur dari Rusdi (2016) dan teori sabar dari Yusuf (2010). Angket dan skala likert digunakan sebagai pengambilan data. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara syukur dan kebahagiaan, dengan nilai sig. 0,000. Namun tidak terdapat hubungan antara sabar dengan kebahagiaan, dengan nilai 0,228. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa adanya hubungan antara syukur dan sabar dengan kebahagiaan, dengan nilai sig. 0,000. Syukur dan sabar memberikan kontribusi sebesar 51,1% kepada kebahagiaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Mega Suryamegasuryadewi99@gmail.comJ71217078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholeh, Moh.moh.sholeh1960@gmail.com2009125901
Subjects: Guru
Keywords: Kebahagiaan; syukur; sabar
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Mega Surya Dewi
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:36
Last Modified: 28 Feb 2023 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60063

Actions (login required)

View Item View Item