Peran kepala sekolah sebagai pencipta iklim dalam meningkatkan kinerja dan motivasi guru di Sma Mujahidin Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikri, Moch (2023) Peran kepala sekolah sebagai pencipta iklim dalam meningkatkan kinerja dan motivasi guru di Sma Mujahidin Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Fikri_ D93218091.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Peran Kepala Sekolah sebagai Pencipta Iklim dalam Meningkatkan Kinerja dan Motivasi Guru di SMA Mujahidin Surabaya, dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Peran kepala sekolah sebagai pencipta iklim. (2) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja dan motivasi guru. (3) Urgensi peran kepala sekolah sebagai pencipta iklim dalam meningkatkan kinerja dan motivasi guru di SMA Mujahidin Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari Observasi, Wawancara dan Dokumentasi, dengan informan yang terdiri atas Kepala Sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan serta Siswa. Dengan menggunakan analisis data yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklim sekolah di SMA Mujahidin Surabaya dipengaruhi oleh beberapa hal yang meliputi (1) Penempatan personalia, (2) Pembinaan hubungan dan komunikasi, (3) Dinamika guru, (4) Penyelesaian konflik, (5) Penghimpunan dan pemanfaatan informasi, (6) Pengayaan dan harmonisasi lingkungan bekerja dan lingkungan belajar. Dalam meningkatkan kinerja guru kepala sekolah dengan meningkatkan kinerja guru dengan cara mengikuti pelatihan, selanjutnya kepala sekolah juga menciptakan hubungan harmonis antar sesama rekan pendidikDiharapkan kepala sekolah dapat mempertahankan kinerjanya sebagai pencipta iklim guna memberikan kenyamanan kepada warga sekolah. Kepala sekoalah diharapkan dapat meningkatkan sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran dan tetap menerapkan sistem kekeluargaan.pendidik agar tetap menjalankan tugas serta tanggung jawab dengan hati ikhlas semata-mata karena Allah, meningkatkan kedisplinan dalam bekerja, meningkatkan kemampuan yang dimiliki serta membangun hubungan yang harmonis untuk peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikri, Mochmoch.fikri0302@gmail.comD93218091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRifai, Muh Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Thesis advisorMasyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Etos Kerja
Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kepala sekolah; pencipta iklim; peran kepala sekolah; kinerja guru; motivasi guru,
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Moch Fikri
Date Deposited: 04 Dec 2023 05:50
Last Modified: 04 Dec 2023 05:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60090

Actions (login required)

View Item View Item