Motif dan pandangan sufi muda terhadap tarekat Idrisiyyah, tarekat Syathoriyyah, TQN Al Utsmaniyah, dan tarekat Shiddiqiyyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hilyati, Arifatul (2023) Motif dan pandangan sufi muda terhadap tarekat Idrisiyyah, tarekat Syathoriyyah, TQN Al Utsmaniyah, dan tarekat Shiddiqiyyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arifatul Hilyati_E07219007 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Motif dan Pandangan Sufi Muda Terhadap Tarekat Idrisiyyah, Tarekat Syathoriyyah, TQN al-Utsmaniyah, dan Tarekat Shiddiqiyyah. Problem akademik penelitian ini dirumuskan pada pertanyaan: 1. Motif Sufi Muda bergabung dalam Tarekat Idrisiyyah, Tarekat Syathoriyyah, Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah al-Utsmaniyah, dan Tarekat Shiddiqiyyah. 2. Bagaimana Sufi Muda dalam memandang Ajaran dan Gerakan Tarekat Idrisiyyah, Tarekat Syathoriyyah, TQN al-Utsmaniyah, dan Tarekat Shiddiqiyyah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui motif Sufi Muda bergabung ke dalam Tarekat Idrisiyyah, Syathoriyyah, TQN al-Utsmaniyah, Tarekat Shiddiqiyyah serta untuk mengetahui ajaran dan gerakan Tarekat Idrisiyyah, Syathoriyyah, TQN al-Utsmaniyah, dan Tarekat Shiddiqiyyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis File Research atau lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil pengumpulan dan analisis data sehingga dapat ditemukan hasil dari penelitian ini yaitu motif Sufi Muda bergabung ke dalam tarekat karena orang tuanya dulu juga mengikuti tarekat, kemudian motif Sufi Muda bergabung karena ingin mendekatkan diri kepada Allah, dan ingin memperbaiki diri. Kemudian peneliti juga menemukan ajaran tarekat tentang Hakikat, Ma’rifat, Syari’at dan Fiqih. Yang kedua ajaran tentang hubungan Mursyid dan murid. Yang ketiga ajaran tentang keselamatan hari akhir. Kemudian peneliti juga menemukan gerakan tarekat tentang gerakan sosial, gerakan ekonomi, politik dan militer, dan kemanusiaan. Yang mana gerakan sosial dari semua tarekat rata-rata memberikan sumbangan kepada orang yang terkena musibah dan mengadakan santunan anak yatim piatu hasil dari organisasi tarekat tersebut. Untuk gerakan ekonomi seperti Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) yang bisa membantu perekonomian jama’ah tarekat. Gerakan politik dan militer, rata-rata semua tarekat yang diteliti disini semuanya tidak mendukung siapa-siapa atau warna apapun. Jadi rata-rata semua tarekat bertujuan untuk mempertahankan agama Islam dan membela Negara Kesatuan Republik Indonesia. Lalu yang terakhir gerakan kemanusiaan ada yang memberikan bakti sosial kepada jama’ah yang meninggal dan ada yang membantu masyarakat dengan cara menggelar terapi pengobatan massal secara gratis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hilyati, Arifatularifatulhilyati12@gmail.comE07219007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Organisasi Masyarakat
Remaja
Tasawuf
Keywords: Tasawuf; tarekat; sufi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Arifatul Hilyati
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:46
Last Modified: 28 Mar 2023 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60093

Actions (login required)

View Item View Item