Konstruksi sosial pada tradisi sedekah laut di kelurahan Ngemplakrejo kecamatan Panggungrejo kota Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Karimatul (2023) Konstruksi sosial pada tradisi sedekah laut di kelurahan Ngemplakrejo kecamatan Panggungrejo kota Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Karimatul Agustina_I93218072 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses konstruksi sosial dan proses tradisi sedekah laut dilaksanakan di kelurahan Ngemplakrejo kecamatan Panggungrejo kota Pasuruan. Sehingga menghasilkan sub pembahasan mengenai tradisi, sedekah laut, dan konstruksi sosial yang terjadi pada tradisi tersebut.Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam mengkaji pada tradisi sedekah laut di kelurahan Ngemplakrejo kecamatan Panggungrejo kota Pasuruan yaitu Konstruksi sosial Peter L Berger dan Thomas Luckman.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; proses pelaksanaan tradisi sedekah laut di kelurahan Ngemplakrejo dilaksanakan setiap bulan Muharram. Tradisi sedekah laut berlangsung selama dua hari. Dimulai dengan pembacaan do’a, khotmil qur’an, istighosah, pengajian akbar. Dan pada hari kedua dilanjut dengan kirab budaya dan karnaval yang menampilkan banyak pawai budaya mulai dari jaranan, barong sai, karnaval dewasa dan anak-anak, drumband dan lainnya. Kemudian dilanjut dengan pelarungan sesaji tradisi sedekah laut ke tengah laut yang diikuti kapal-kapal penumpang.Setelah pelarungan sesaji selesai dimalam puncak akhir terdapat orkes dangdut untuk masyarakat kelurahan Ngemplakrejo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Karimatulkarimatulagustina90@gmail.comI93218072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Warsito--2009025901
Subjects: Kebudayaan
Keywords: Konstruksi Sosial; Tradisi; Sedekah Laut.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Karimatul Agustina
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:37
Last Modified: 20 Nov 2023 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60094

Actions (login required)

View Item View Item