Titik temu psikologi positif Martin Seligman dan konsep Wahdat al Syuhud pada Kitab al Durr al Nafis karya Syekh Muhammad Nafis al Banjari dalam meraih authentic happiness

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamal, M. Taufiq (2023) Titik temu psikologi positif Martin Seligman dan konsep Wahdat al Syuhud pada Kitab al Durr al Nafis karya Syekh Muhammad Nafis al Banjari dalam meraih authentic happiness. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Taufiq Jamal_E97219075 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang titik temu antara psikologi positif Martin Seligman dari sudut pandang psikologi dan konsep wahdat al-syuhud dalam kitab al-Durr al-Nafis karya Syekh Muhammad Nafis al-Banjari dari sudut pandang tasawuf. Penulisan skripsi ini menjelaskan masalah, pertama apa makna authentic happiness menurut kedua konsep. Kedua, bagaimana perbedaan dan titik temu konsep authentic happiness dari kedua konsep. Ketiga, bagaimana cara meraih authentic happiness menurut kedua konsep. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metodologi deskriptif kualitatif komparatif dengan menggunakan penelitian pustaka dengan tujuan untuk memperkuat argumentasi penulis dengan literatur-literatur yang telah ada sebelumnya baik berupa buku, jurnal, maupun skripsi yang telah diteliti sebelumya. Dari hasil penelitian ini penulis mendapatkan adanya beberapa persamaan dan perbedaan dalam meraih authentic happiness. Martin Seligman menjelaskan kebahagiaan autentik dapat diraih disetiap keadaan waktu maupun tempat sesuai dengan pengalamannya sebagai psikolog. Syekh Muhammad Nafis menjelaskan dalam meraih kebahagiaan seseorang harus berusaha mengenali Tuhannya, hingga muncul rasa kebahagiaan yang tidak tergambarkan. Dapat disimpulkan bahwa dalam meraih kebahagiaan mempunyai banyak jalan, namun kebahagiaan harus dicari melalui jalan positif, karena kebahagiaan merupakan salah satu nilai positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamal, M. Taufiqmaldanco10@gmail.comE97219075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHodri, HodriUNSPECIFIED19701117200501100
Subjects: Psikologi
Tasawuf
Keywords: Psikologi positif; Wahdat al Syuhud; authentic happiness
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: M. Taufiq Jamal
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:20
Last Modified: 05 Apr 2023 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60113

Actions (login required)

View Item View Item