Pengaruh content marketing dan relationship marketing terhadap customer retention pengguna facial wash di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridhotulloh, Achmad Dzikril (2023) Pengaruh content marketing dan relationship marketing terhadap customer retention pengguna facial wash di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Dzikril Ridhotulloh_J71219044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh content marketing dan relationship marketing terhadap customer retention pengguna facial wash di Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Jumlah responden adalah 346 siswa/siswi di SMA/K Negeri dan Swasta di Kabupaten Sidoarjo. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan pemilihan sampel sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dalam bentuk google form dan terdiri dari tiga skala, yaitu skala Customer retention yang disusun berdasarkan aspek- aspek Syaqirah & Faizurrahman, skala content marketing yang disusun dari indikator Milhinhos, dan skala relationship marketing disusun berdasarkan faktor Velnampy & Sivesan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan IMB SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh content marketing dan relationship marketing terhadap customer retention pengguna facial wash di Sidoarjo dengan sumbangan efektif dari variabel content marketing dan relationship marketing sebesar 42,3%. Selebihnya itu variabel customer retention dipengaruhi oleh berbagai faktor lain yang tidak diungkap pada penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridhotulloh, Achmad Dzikrildzikril64@gmail.comJ71219044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbrorry, Luckyluckyabrorry_fpk@uin.sby.ac.id2001107901
Subjects: Pemasaran
Remaja
Konsumen
Keywords: Retensi pelanggan; konten pemasaran; hubungan pemasaran
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Achmad Dzikril Ridhotulloh
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:48
Last Modified: 06 Mar 2023 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60153

Actions (login required)

View Item View Item