Hubungan antara konformitas dan kontrol diri dengan perilaku agresivitas warga Pencak Silat PSHT Cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizkiyah, Fatma Masfufah (2023) Hubungan antara konformitas dan kontrol diri dengan perilaku agresivitas warga Pencak Silat PSHT Cabang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatma Masfufah Rizkiyah_J01217020 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dan kontrol diri dengan perilaku agresivitas warga pencak silat PSHT cabang Surabaya. Penelitian ini mencakup tiga hipotesis yang telah disusun yaitu adanya hubungan antara konformitas dengan agresivitas warga PSHT Cabang Surabaya, adanya hubungan antara kontrol diri dengan agresivitas warga PSHT cabang Surabaya dan adanya hubungan antara konfromitas dan kontrol diri dengan agresivitas warga PSHT cabang Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota PSHT cabang Surabaya yang berjumlah 135 orang yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling dari total populasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Alat ukur yang digunakan adalah skala agresivitas, skala konformitas dan skala kontrol diri. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan besaran nilai resiliensi = 0,622 dan nilai F hitung = 41,697 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara konformitas dan kontrol diri dengan perilaku agresivitas pada anggota PSHT cabang Surabaya. Diperoleh nilai R Square sebesar 0,387 atau 38,7% agresivitas dipengaruhi oleh faktor konformitas dan kontrol diri. Dengan perincian Konfromitas memberikan sumbangan sebesar 2% sedangkan kontrol diri memberikan sumbangan sebesar 36,6% terhadap agresivitas. Sedangkan sisanya yaitu 61,3% agresivitas dipengaruhi oleh faktor lain selain konformitas dan kontrol diri Hasil uji regresi linier berganda juga menunjukkan bahwa jika konformitas anggota PSHT tinggi dan tingkat kontrol diri rendah maka tingkat agresivitas akan tinggi, sebaliknya jika konformitas rendah dan kontrol diri tinggi maka agresivitas akan rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizkiyah, Fatma Masfufahfatmamasfufah@gmail.comJ01217020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatinsunanampel@gmail.com2012067403
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Konformitas; kontrol diri; agresivitas
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Fatma Masfufah Rizkiyah
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:18
Last Modified: 12 Apr 2023 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60156

Actions (login required)

View Item View Item