Deteksi osteoporosis menggunakan neural network berdasarkan analisis tekstur citra dental panoramic radiography (DPR)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Almumtazah, Nilna (2023) Deteksi osteoporosis menggunakan neural network berdasarkan analisis tekstur citra dental panoramic radiography (DPR). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nilna Almumtazah_H92219054.pdf

Download (11MB)

Abstract

Osteoporosis sebagai salah satu penyakit tulang paling umum mengalami peningkatan kasus secara signifikan setiap tahunnya dikarenakan perubahan gaya hidup serta penuaan populasi yang cepat. Salah satu upaya dalam pencegahan terjadinya osteoporosis adalah dengan melakukan deteksi dini kondisi tulang untuk mengetahui kepadatan mineral tulang (BMD). Citra Dental Panoramic Radiography (DPR) merupakan alternatif yang dapat digunakan untuk mengestimasi nilai BMD. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan tulang normal, tulang yang mengalami osteopenia, dan tulang yang mengalami osteoporosis melalui beberapa tahapan diantaranya preprocessing dengan melakukan Region of Interest (RoI) pada tulang mandibula, ekstraksi fitur tekstur dengan metode Gray Level Run Length Matrix (GLRLM) untuk memperoleh nilai vektor fiturnya, klasifikasi menggunakan Neural Network metode Backpropagation, dan evaluasi sistem menggunakan confusion matrix multiclass. Penelitian ini memperoleh hasil yang baik, dimana nilai rata-rata sensitivitas tertinggi sebesar 89.44% dengan nilai rata-rata akurasi dan spesifisitas masing-masing sebesar 89.41% dan 94.84%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Almumtazah, Nilnanilnafikida@gmail.comH92219054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNovitasari, Dian Candra Rinidiancrini@uinsby.ac.id2024118502
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Kecerdasan
Matematika
Keywords: Backpropagation; dental panoramic radiography; detection, neural network; osteoporosis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Nilna Almumtazah
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:06
Last Modified: 28 Feb 2023 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60190

Actions (login required)

View Item View Item