الكلام الإنشائي الطلبي في كتاب رياض الصالحين لإمام أبي زكريا يحيى بن شرف النّووي الدّمشقي: دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fariz, Fahmi (2023) الكلام الإنشائي الطلبي في كتاب رياض الصالحين لإمام أبي زكريا يحيى بن شرف النّووي الدّمشقي: دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmi Fariz_A91217102 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kalam insya’i thalabi merupakan kalimat yang menghendaki suatu permintaan yang belum diperoleh saat meminta. Kitab Riyadh As-Shalihin merupakan kitab yang berisikan hadits-hadits pilihan yang disusun oleh Imam Abi Zakariya Yahya bin Syarif Nawawi Ad-Damasyqi. Kitab ini begitu masyhur dan banyak di jadikan sebagai bahan kajian di pondok-pondok pesantren di Indonesia. Adanya kitab Riyadh As-shalihin sendiri menjadi salah satu referensi mufakat di kalangan santri-santri dan pelajar hadits. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mengkaji lebih mendalam tentang kitab Riyadh As-Shalihin. Peneliti memilih teori kalam insya’i tholabi bertujuan untuk memahami macam-macam dan makna-makna dari banyaknya macam kalam insya’i tholabi di dalam kitab Riyadh As-Shalihin. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan lebih luas terhadap kajian ilmu teoritik kalam insya’i thalabi terkait macam-macam dan pemaknaan dari macam kalam insya’i thalabi. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Apa bentuk kalam insya’i thalabi dalam kitab riyadh as-shalihin? 2. Apa makna kalam insya’i thalabi dalam kitab riyadh as-shalihin?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data penelitian berasal dari teks yang terdapat dalam Kitab Riyad as-Salihin. Data yang dianalisis berupa bentuk-bentuk kalam Insya’i Thalabi beserta maknanya. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan teori terkait kalam insya’i thalabi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, peneliti memperoleh macam kalam insya’i tholabi yaitu 1. Amr yang berjumlah 16 data dengan makna di dalamya berupa 3 makna haqiqi dan makna 13 ghairu haqiqi. 2. Nahi yang berjumlah 1 data dengan makna ghairu haqiqi. 3. Istifham yang berjumlah 16 data dengan makna di dalamnya berupa 16 makna ghairu haqiqi. 4. Nida’ yang berjumlah 14 data dengan makna di dalamnya berupa 5 makna haqiqi dan 9 makna ghairu haqiqi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fariz, Fahmifahmifariz11@gmail.comA91217102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kalam insyai thalabi; Kitab Riyadh As Shalihin
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Unnamed user with email Fahmifariz11@gmail.com
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:29
Last Modified: 14 Apr 2023 06:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60217

Actions (login required)

View Item View Item