Pengaruh penerapan model pembelajaran blended learning berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umardi, Sobiyesky Haulia (2022) Pengaruh penerapan model pembelajaran blended learning berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sobiyesky Haulia Umardi_D74218037 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerapan Blended Learning membutuhkan media yang mampu memfasilitasi berbagai aktivitas belajar secara online, salah satunya yaitu video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan keterlaksanaan pembelajaran Blended Learning berbantuan video pembelajaran, mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Blended Learning berbantuan video pembelajaran, selain itu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Blended Learning berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan metode kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Ibnu Husain Surabaya. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-B MTs Ibnu Husain Surabaya yang terdiri dari 21 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode tes secara tertulis berupa tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Analisis data yang digunakan yaitu analisis observasi keterlaksanaan, analisis hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Keterlaksanaan sintaks pembelajaran matematika dengan menggunakan model Blended Learning berbantuan video pembelajaran didapatkan sebesar 91% . Sehingga, penerapan model pembelajaran Blended Learning berbantuan video pembelajaran termasuk dikatakan terlaksana. (2) Berdasarkan analisis data menggunakan uji One Sample T Test dengan nilai Sig.(2-tailed)<0.05, yang berarti H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga, diperoleh hasil belajar sesudah diterapkan model pembelajaran Blended Learning berbantuan video pembelajaran lebih dari KKM (75). (3) Berdasarkan analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks untuk soal tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir dengan nilai Asymp.Sig.(2-tailed)<0,05 , yang berarti H_0 ditolak dan H_1 diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Blended Learning berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umardi, Sobiyesky Hauliasobiyeskyh33@gmail.comD74218037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Teknologi
Keywords: Model pembelajaran blended learning; video pembelajaran; hasil belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sobiyesky Haulia Umardi
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:45
Last Modified: 24 Nov 2023 08:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60221

Actions (login required)

View Item View Item