Implementasi customer relationship management dalam meningkatkan loyalitas pelanggan: studi multikasus di MTsN 3 dan SMPN 35 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amiq, Muchammad Azmil (2023) Implementasi customer relationship management dalam meningkatkan loyalitas pelanggan: studi multikasus di MTsN 3 dan SMPN 35 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Azmil Amiq_D93218094 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai implementasi customer relationship management di MTsN 3 dan SMPN 35 Surabaya,strategi peningkatan loyalitas pelanggan di MTsN 3 dan SMPN 35 Surabaya, dan implementasi customer relationship management dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di MTsN 3 dan SMPN 35 Surabaya. Jenis penelitian ini bersifat multi-situs dan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Kepala Madrasah, Wakil Kepala Humas Madrasah, Wakil Kepala Humas Sekolah, dan dua orang wali murid menjadi peserta kajian. Data penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan teknik penarikan kesimpulan, serta triangulasi untuk memastikan keakuratan data. Dari temuan penelitian dan pembahasan, skripsi ini dapat dideskripsikan bahwa (1) Customer relationship management di MTsN 3 dan SMPN 35 Surabaya sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan adanya customer relationship management, perbedaan antara MTsN 3 dan SMPN 35 ini terletak pada proses dalam menjalankan customer relationship management, satu kendala internal yakni mengenai jaringan, dan untuk kendala eksternal di MTsN 3 mengenai pesaing. (2) Strategi peningkatan loyalitas pelanggan di MTsN 3 dan SMPN 35 Surabaya sudah baik dan meningkat terbukti pelanggan sekolah dan madrasah merasa di bantu dalam menyelesaikan masalah maupun meminta bantuan, adapun perbedaan strategi peningkatan loyalitas antara MTsN 3 dan SMPN 35 Surabaya yaitu, tahapan dalam membangun loyalitas pelanggan. (3) Implementasi customer relationship management dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di MTsN 3 dan SMPN 35 Surabaya sudah baik karena telah memenuhi indikator dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, adapun perbedaan yang ada di MTsN 3 dan SMPN 35 Surabaya yakni dalam menganalisis data pelanggan dan identifikasi target.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amiq, Muchammad Azmilmuchammadazmilamiq@gmail.comD93218094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaarif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Customer Relationship Management; Layanan; peningkatan loyalitas pelanggan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: muchammad azmil amiq
Date Deposited: 05 Dec 2023 00:37
Last Modified: 05 Dec 2023 00:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60222

Actions (login required)

View Item View Item