Implementasi program baca kitab kuning dalam meningkatkan kompetensi lulusan dan prestasi akademik siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hawari, Ahmad Akhdan (2023) Implementasi program baca kitab kuning dalam meningkatkan kompetensi lulusan dan prestasi akademik siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Akhdan Hawari_D93218074.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini terfokus kepada Implementasi Program Baca Kitab Kuning Dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan Dan Prestasi Akademik Siswa Di Man 4 Jombang.. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis dan Mendeskripsikan Implementasi program baca kitab kuning di MAN 4 Jombang, Menganalisis dan Mendeskripsikan Implementasi program baca kitab kuning dalam meningkatkan kompetensi lulusan di MAN 4 Jombang, Menganalisis dan Mendeskripsikan Implementasi program baca kitab kuning dalam meningkatkan prestasi akademik di MAN 4 Jombang, Menganalisis dan Mendeskripsikan Implementasi Program Baca Kitab Kuning Dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan Dan Prestasi Akademik Siswa Di Man 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data penelitian ini menggunakan kredibilitas data, triangulasi sumber data, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) Dalam implementasi program baca kitab kuning di MAN 4 Jombang, materi atau kitab yang dipelajari dalam program baca kitab kuning merupakan sebagai penguatan dari kurikulum jurusan IIK, khususnya materi agama Islam, yaitu : Ilmu hadis, tafsir, fikih dan bahasa arab. Pembelajaran kitab kuning menggunakan metode sorogan, bandongan dan syawir. (2) Kemampuan yang didapatkan siswa dalam program baca kitab kuning ada tiga hal yaitu: membaca, memahami dan memahamkan. (3) Upaya madrasah dalam meningkatan prestasi akademik siswa melalui program baca kitab kuning adalah dengan memenuhi faktor-faktor yang dapat menunjang prestasi akademik, yaitu dengan menggunakan kurikulum yang sesuai kebutuhan, metode mengajar yang efektif, pembelajaran yang interaktif baik antara murid dan guru maupun siswa dengan siswa lain, menerapkan kedisiplinan dengan baik, melengkapi fasilitas pembelajaran, dan memberikan tugas rumah untuk siswa. (4) Pengukuran dilakukan untuk mengetahui bahwa, siswa mampu membaca, memahami dan memahamkan, setelah dilakukan pengukuran maka dilakukan penilaian untuk mendeskripsikan kemajuan dari pembelajaran kitab kuning siswa kemudian dilakukan evaluasi untuk menetapkan pedoman dalam implementasi program baca kitab kuning.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hawari, Ahmad Akhdanakhdanhawari77@gmail.comD93218074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Kurikulum
Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Keywords: Implementasi program; kitab kuning; kompetensi lulusan; prestasi akademik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Akhdan
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:41
Last Modified: 27 Feb 2023 04:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60226

Actions (login required)

View Item View Item