Strategi Kepala Sekolah dalam pencegahan paham radikalisme di SMA Negeri 17 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yahya, A. Usamah (2023) Strategi Kepala Sekolah dalam pencegahan paham radikalisme di SMA Negeri 17 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
A. Usamah Yahya_D93217083 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dari penelitian diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam mencegah paham radikalisme, menganalisis dampak dari strategi kepala sekolah, dan menganalisis faktor penghambat dan pendukung strategi kepala sekolah dalam pencegahan radikalisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Strategi Kepala Sekolah dalam Pencegahan Paham Radikalisme di SMA Negeri 17 Surabaya yakni mendidik di dalam kelas dengan memberikan nasihat yang berkaitan dengan penanaman nilai-nilai religious dan penanaman karakter terutama dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan pendidikan agama Islam. Pembinaan ektrakulikuler rohis yang dinilai dapat menambah wawasan siswa mengenai ilmu agama secara mendalam dan memberikan manfaat seperti menjadi generasi muslim yang berkualitas sehingga tidak mudah terpengaruh dengan ajaran baru yang menyimpang dikarenakan telah mempunyai pengetahuan Islam yang cukup dalam diri. Dan pembiasaan kebiasaan positif dalam keseharian. (2) Dampak adanya Strategi Kepala Sekolah dalam Pencegahan Paham Radikalisme yaitu dapat memperkecil resiko siswa terpapar pengaruh negatif dari luar sekolah terutama paham radikalisme dan siswa dapat melatih serta mengembangkan kemampuan melalui kegiatan ekstrakulikuler. (3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi tersebut adalah adanya kerjasama yang baik dari seluruh pendidik dan tenaga pendidik yang berada di sekolah, adanya respon positif atau dukungan dari orang tua, antusias siswa terhadap pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam pencegahan paham radikalisme. Faktor penghambat terlaksananya strategi kepala sekolah dalam pencegahan paham radikalisme adalah kemajuan teknologi, siswa berasal dari latar belakang dan lingkungan yang tidak sama sehingga memiliki karakter dan pemahaman yang berbeda-beda mengenai paham radikalisme sehingga sulit menyatukan persepsi, dan perbedaan tingkat pemahaman siswa mengenai nasionalisme yang gencar digunakan untuk mencegah potensi radikalisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yahya, A. Usamahahmadusamahyahya@gmail.comD93217083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Keywords: Strategi Kepala Sekolah; pencegahan paham radikalisme
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: A. Usamah Yahya
Date Deposited: 23 Mar 2023 06:41
Last Modified: 23 Mar 2023 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60227

Actions (login required)

View Item View Item