Hubungan kecerdasan emosional dan dukungan sosial dengan competitive anxiety pada atlet

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kasyfillah, Muhammad Haidarsyah (2023) Hubungan kecerdasan emosional dan dukungan sosial dengan competitive anxiety pada atlet. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Haidarsyah Kasyfillah_J01219023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Competitive anxiety dapat membantu atlet untuk menurunkan dan mengatasi kecemasan saat bertanding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan dukungan sosial dengan Competitive anxiety. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan menyertakan subjek sebanyak 136 atlet pencak silat di Jombang dari berbagai perguruan pencak silat yang termasuk dalam IPSI dengan kategori tanding. Pengembalian sampel menggunakan teknik accidental sampling dan purposive sampling. Terdapat tiga alat ukur yang digunakan yaitu, Competitive State Anxiety Inventory–2R (CSAI-2R), Brief Emotional Intelligence Scale, dan Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). Hipotesis diuji menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan dukungan sosial memiliki hubungan yang signifikan dengan competitive anxiety pada atlet pencak silat dengan kategori sedang. Dengan sumbangsih variabel kecerdasan emosional 18,2% sedangkan variabel dukungan memiliki sumbangsih 9,4%. Kecerdasan emosional memiliki hubungan positif dengan competitive anxiety, sedangkan pada dukungan sosial memiliki hubungan negatif dengan competitive anxiety.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kasyfillah, Muhammad Haidarsyahhaidarsyah61@gmail.comJ01219023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnany-0027027604
Subjects: Kecerdasan
Psikologi > Kecemasan
Pencak Silat
Keywords: Competitive anxiety; kecerdasan emosional; dukungan sosial
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: MUHAMMAD HAIDARSYAH KASYFILLAH
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:28
Last Modified: 07 Jul 2023 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60231

Actions (login required)

View Item View Item