Meditasi spiritual pecandu narkoba perspektif psikologi sufi Robert Frager di pondok pesantren Inabah Suryalaya Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falah, Muhammad Nadjmul (2022) Meditasi spiritual pecandu narkoba perspektif psikologi sufi Robert Frager di pondok pesantren Inabah Suryalaya Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nadjmul Falah _E07218022 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentag perilaku manusia yang menyimpang dari ajaran agama Islam, serta berdampak buruk pada kehidupan soisal. Dengan adanya pondok pesantren Inabah Suryalaya Surabaya dapat membantu masyarakat yang menyimpang pada ajaran Islam, bagi masyarakat yang mengunakan narkoba ini dapat diatasi dengan metode pengajarangannya. Dalam penelitian ini dapat dirumuskan problem akademik sebagai berikut : 1) Bagaimana meditasi spiritual bagi pecandu narkoba di Pondok Pesantren Inabah Suryalaya Surabaya? 2) Bagaimana analisis meditasi spiritual pecandu narkoba perspektif psikologi Robert Frager?. Penelitian ini dilakukan untuk tujuan bahwasannya dengan meditasi spiritual seseorang akan menjadi lebih baik tanpa narkoba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dan dengan dibantu teori pandangan Robert Frager penelitian ini akan sedikit menarik. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, ditemukan fakta bahwa yang melatar belakangi mereka untuk menggunkan narkoba ialah dari segi faktor lingkungan sosial serta ekonomi, dan ajaran pondok ini memliki peran penting untuk meditasi spiritual santri membantu menjadi manusia yang insan kamil dan berakhlakul karimah. Kedua, teori Robert Frager membantu merumuskan ajaran pondok pesantren dengan mengembangkan konsep psikologi sufi, dan membagi dalam pembersihan hati dalam empat stasiun hati yakni dada (Shadr), hati (Qolb),hati yang dalam (Fuad) dan hati yang paling dalam (Lubb).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falah, Muhammad Nadjmulnazmul.falah26@gmail.comE07218022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Psikologi Islam
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Tasawuf
Keywords: Meditasi Spiritual; Narkoba; Qadiriyah wa Naqsabandiyah; Inabah Suryalaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Nadjmul Falah
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:01
Last Modified: 07 Aug 2023 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60234

Actions (login required)

View Item View Item