Analisis Fatwa DSN MUI Nomor 62/DSN-MUI/XII/2007 terhadap Jualah dalam aplikasi Cashzine di Desa Mojoranu Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyah, Himmatul (2023) Analisis Fatwa DSN MUI Nomor 62/DSN-MUI/XII/2007 terhadap Jualah dalam aplikasi Cashzine di Desa Mojoranu Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himmatul Aliyah_C92217141 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Fatwa DSN-MUI Nomor 62/DSN-MUI/XII/2007 Terhadap Ju’ālah Dalam Aplikasi Cashzine Di Desa Mojoranu Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto” merupakan hasil penelitian yang digunakan untuk menjawab pertanyaan di rumusan masalah yaitu: Bagaimana Ju’ālah terhadap aplikasi cahzine di Desa Mojoranu Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto serta Bagaimana Analisis Fatwa DSN-MUI Nomor 62/DSN-MUI/XII/2007 terhadap Ju’ālah di aplikasi Cashzine di Desa Mojoranu Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutya teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pola pikir deduktif. Yakni memaparkan terlebih dahulu landasan teori mengenai akad Ju’ālah dan Fatwa DSN MUI Nomor 62/DSN-MUI/XII/2007, Selanjutnya teori tersebut digunakan untuk menganalisis aplikasi Cashzine.Hasil dari penelitian ini terdiri dari: Pertama, Ju’ālah dalam aplikasi Cashzine merupakan sebuah sayembara untuk memperoleh bonus koin yang dilakukan dengan menyelesaikan misi dan tugas yang diberikan Cashzine. Kedua, Menurut Fatwa DSN-MUI nomor 62/DSN-MUI/XII/2007 bahwa bonus koin sudah sesuai dengan rukun dan syarat akad Ju’ālah, karena imbalan yang diberikan sudah sesuai dengan kualitas membaca serta batasan maksimum koin yang didapat setiap harinya akan mengikuti keaktifan maj’ūl lāh dalam menjalankan Cashzine. Sehingga terdapat resiko yang harus ditanggung oleh maj’ūl lāh terhadap ketidak pahamannya atas aturan yang diberikan Cashzine yang mengakibatkan pada terjadinya pengurangan bonus koin yang dialami oleh maj’ūl lāh. Berdasarkan hasil penelitian skripsi ini, para pengguna sebaiknya harus melihat terlebih dahulu terhadap pekerjaan yang dilakukan. serta dapat memahami dengan baik dan benar. Sehingga para pengguna Cashzine tidak menaruh harapan yang besar terhadap sebuah aplikasi. Karena tidak semua harapan berjalan dengan baik, terkadang terdapat kendalan yang berasal dari internal maupun eksternal itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyah, Himmatulhimmatulaliyah52@gmail.comC92217141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSumarkan, Sumarkansumarkan@uinsby.ac.id2010086401
Subjects: Fatwa
Jual Beli
Keywords: Jualah; bonus koin; Cashzine
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Himmatul Aliyah
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:24
Last Modified: 13 Apr 2023 06:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60267

Actions (login required)

View Item View Item