Amalan ijazah sholawat dan ketenangan belajar santri di Pondok Pesantren Internasional Al Illiyin Sumberwaru Wringinanom Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sufiyanti, Maghfirotus (2023) Amalan ijazah sholawat dan ketenangan belajar santri di Pondok Pesantren Internasional Al Illiyin Sumberwaru Wringinanom Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maghfirotus Sufiyanti_E07218015 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana proses dan hasil melakukan amalan ijazah sholawat guna mendapatkan ketenangan dalam belajar pada klasifikasi remaja menuju dewasa. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui amalan ijazah sholawat ibrohimiyah terhadap ketenangan belajar santri di pondok pesantren internasional al-illiyin sumberwaru – wringinanom – gresik. oleh sebab itu, penulis mengungkap 1. Bagaimana Proses Pemberian Ijazah Do’a Sholawat Ibrohimiyah dan Amalan di Pondok Pesantren Internasional Al-Illiyin, 2. Bagaimana amalan Sholawat Ibrohimiyah Terhadap Ketenangan Belajar Santri di Pondok Pesantren Internasional Al-Illiyin. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama proses pemberian ijazah do’a dilakukan dengan tujuan agar para santri khususnya di Pondok Pesantren Internasional Al-Illiyin mengalami kemudahan dalam melakukan sesi pembelajaran, sehingga santri merasakan ketenangan dalam belajar. Adapun Do’a yang diijazahkan adalah shalawat ibrahimiyyah, merupakan shalawat yang selalu dibaca setiap kali shalat dan termasuk shalawat ma’tsuroh. Kedua, Ijazah yang berupa shalawat ibrahimiyyah ini mempunyai peran dalam membangun ketenangan saat santri melakukan sesi pembelajaran. Sholawat ibrahimiyah memberikan ketenangan pada santri yang mengamalkannya, sekaligus memberi santri kemudahan ketika menghadapi suatu permasalahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sufiyanti, MaghfirotusMaghfirotus07@gmail.comE07218015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Akhlak
Belajar
Pesantren
Keywords: Ketenangan; ijazah doa; santri; shalawat Ibrahimiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Maghfirotus Sufiyanti
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:42
Last Modified: 12 Apr 2023 04:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60270

Actions (login required)

View Item View Item