Pembulatan harga pada praktik laundry dalam perspektif hukum ekonomi islam: studi kasus di Rumah Laundry Tambak Dalam Baru, Asemrowo, Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriany, Feby (2023) Pembulatan harga pada praktik laundry dalam perspektif hukum ekonomi islam: studi kasus di Rumah Laundry Tambak Dalam Baru, Asemrowo, Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Feby Febriany_C72219058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, para pelaku usaha jasa usaha laundry di Tambak dalam baru melakukan praktik pembulatan harga dengan cara membulatkan berat harga ke atas. Seperti harga Rp. 22.500 menjadi Rp. 23.000. Pembulatan inilah yang menyebabkan pelanggan merasa di rugikan. Kedua, praktik pembulatan harga yang terjadi pada jasa usaha laundry di Tambak dalam baru mengandung ketidakjelasan harga di awal dan di akhir sehingga menyebabkan unsur gharar. Ketidakjelasan disini disebabkan oleh pelaku usaha yang tidak memberikan informasi kepada konsumen terkait adanya pembulatan tersebut yang sehingga konsumen selalu membayar lebih pada waktu transaksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriany, Febyfebyfebriany062gmail.comC72219058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChaidaroh, Umi--2010097401
Subjects: Hukum Ekonomi
Keywords: Pembulatan Harga; Ijarah; Jasa Laundry
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Feby Febriany
Date Deposited: 11 Apr 2023 21:59
Last Modified: 11 Apr 2023 21:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60271

Actions (login required)

View Item View Item