Peran perempuan dalam ruang publik perspektif Jemaat Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviani, Oktaviani (2023) Peran perempuan dalam ruang publik perspektif Jemaat Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Oktaviani_E72218047 ok.pdf

Download (21MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Perempuan dilihat dari perspektif peradaban, sebagai manusia yang hidup diantara budaya dan lingkungan sosial, perempuan memiliki kategori dan karakteristik yang dipandang ideal oleh linkungan budaya, menjadi seorang perempuan yang sering dikaitkan dengan kata kodrat, dan perempuan memiliki peran atau sikap yang mungkin cocok atau tidak untuk mereka sebagai perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan skunder metode dalam pengumpulan data ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa secara khusus, gerakan perempuan Katolik di indonesia, yaitu jaringan kemitraan perempuan, berupa menciptakan keselamatan berdasarkan hubungan antara perempuan dan laki-laki sebagai citra Tuhan yang setara dan bertanggung jawab untuk menjaga keutuhan ciptaan-Nya. Pada dasarnya Gereja katolik percaya bahwa perempuan dan laki-laki memiliki kedudukan dan hak yang sama dalam masyarakat, namun tradisi budaya patriarkis tidak berjalan dengan baik dengan kesetaraan ini merupakan aturan dalam berbicara di depan umum bahwa seorang wanita tidak boleh duduk, berbicara atau bertanya, tidak memulai ide atau secara bebas menjalankan keinginannya, membuat kebijakan dan hal-hal lain, karena itu ada dalam undang-undang dan dalam pasal 1 Kor 14: 34. Selama ini peran perempuan Katolik di Gereja Santa Maria Tak Bercela Surabaya yang terbatas di ruang publik sudah cukup dengan berpartisipasi dalam ruang publik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviani, Oktavianioktaviani15d@gmail.comE72218047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id197708092009121001
Subjects: Agama
Gender
Gereja
Keywords: Peran perempuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: oktaviani oktaviani
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:16
Last Modified: 13 Apr 2023 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60290

Actions (login required)

View Item View Item