Pengaruh stress kerja dan Job Satisfaction terhadap Turnover Intention pada Karyawan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khairina, Isna (2023) Pengaruh stress kerja dan Job Satisfaction terhadap Turnover Intention pada Karyawan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isna Khairina_J01218017 OK.pdf

Download (922kB)

Abstract

Turnover Intention merupakan kecenderungan atau niat karyawan untuk berhenti bekerja dari pekerjaannya secara sadar untuk berpindah dari satu tempat kerja ke tempat kerja lain menurut pilihannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh stress kerja dan job satisfaction dengan turnover intention pada karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Jumlah sampel dalam penilitian ini adalah 146 karyawan dari dua perusahaan distributor handphone, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey yaitu menyebarkan kuesioner yang diolah dengan progam SPSS 26. Penelitian ini menunjukkan bahwasannya ditemukan adanya pengaruh positif dan signifikan antara stres kerja terhadap turnover intention pada karyawan diperoleh nilai 0,260 dengan sig. 0,000 (p<0,05). Sedangkan pada job satisfaction ditemukan adanya pengaruh negatif dan signifikan antara job satisfaction terhadap turnover intention pada karyawan diperoleh nilai -0,219 dengan sig. 0,000 (p<0,05). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa bahwasanya turnover intention yang terjadi pada karyawan dipengaruhi oleh stres kerja yang tinggi dan job satisfaction yang rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khairina, Isnaisnakhairinaa@gmail.comJ01218017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnany--0027027604
Subjects: Psikologi > Psikologi Kerja
Keywords: Turnover Intention; Stress Kerja; Job Satisfaction
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: S.Psi Isna Khairina
Date Deposited: 24 Nov 2023 12:10
Last Modified: 24 Nov 2023 12:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60309

Actions (login required)

View Item View Item