Menanam tumbuhan bernilai pahala sedekah: studi Ma’anil Hadis Riwayat Sunan Tirmidhi No Indeks 1382

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inawan, Muhammad Hafid Barru (2023) Menanam tumbuhan bernilai pahala sedekah: studi Ma’anil Hadis Riwayat Sunan Tirmidhi No Indeks 1382. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hafid Barru Inawan_E95217032 OK.pdf

Download (515kB)
[img] Text
Muhammad Hafid Barru Inawan_E95217032 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tumbuhan merupakan elemen penting dalam kehidupan yang menjadi suatu acuan dari keberlangsungan kehidupan manusia. Selain itu tumbuhan juga memiliki peran-peran penting didalam menopang kehidupan makhluk bumi. Banyak hal yang terjadi akibat kerusakan yang ditimbulkan akibat perbuatan manusia seperti semakin kurangnya daerah hijau atau tempat tumbuhan hidup. Kelestarian tumbuhan wajib dijaga oleh setiap individu manusia di muka bumi agar tetap lestari. Karena untuk menjadi tumbuhan yang besar dan menghasilkan pasti membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Dari sinilah, penulis mencoba melakukan penelitian dengan menganalisis hadis menanam tumbuhan bernilai pahala sedekah dengan studi ma’anil hadis melalui kitab Tirmidhi nomor indeks 1382.Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kualitas, kehujjahan, kemudian pemaknaan dan terakhir hubungan hadis tentang menanam tumbuhan bernilai pahala sedekah dalam kitab Sunan Tirmidhi no indeks 1382 dalam menyikapi masalah lingkungan. Jenis penelitian yang diterapkan dalam rangka penulisan skripsi ini adalah jenis kepustakaan library reseach, yaitu proses pengumpulan data menggunakan buku dan bahan-bahan literatur relevan sebagai objek utamanya serta semua hal yang masih bertautan terhadap pokok pembahasan yang diteliti. Hasilnya akan menghasilkan data berdasar dari sumber-sumber yang telah diamati dan diteliti. Langkah yang digunakan dalam memahami hadis yaitu yang pertama, menganalisis teks hadis secara menyeluruh, Kedua, mengetahui bagaimana konteks historis kemunculan hadis, Ketiga, melakukan kontekstualisasi hadis terhadap masa terkini. Beberapa langkah tersebut dapat diambil untuk memahami suatu hadis secara utuh. Penelitian ini melibatkan ma’anil hadis, memakai teori-teori yang melibatkan ilmu ma’anil hadis. Penelitian ini menggunakan teori kritik sanad dan juga kritik matan. Peneliti mencoba menjelaskan maksud dari hadis tentang menanam tumbuhan bernilai pahala sedekah. Bahwa yang dimaksud memenam, tumbuhan, bernilai, pahala, dan sedekah seperti apa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kualitas dan kehujjahan hadis menanam tumbuhan bernilai pahala sedekah dapat digunakan Shahih hasan. Melalui penelitian ini, diharapkan masyarakat luas utamanya umat Muslim dapat mengetahui makna bagaimana pentingnya menanam, sehingga tidak terjadi masalah lingkungan yang tidak diinginkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inawan, Muhammad Hafid Barrumufidzzz98@gmail.comE95217032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlmiyah, Dakhirotul--2007027401
Subjects: Agama
Hadis
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Menanam; Tumbuhan; Sedekah; Lingkungan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Muhammad Inawan
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:35
Last Modified: 12 Dec 2023 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60335

Actions (login required)

View Item View Item