Strategi kepemimpinan Kiai dalam pembentukan karakter Aswaja dan peningkatan mutu lulusan santri di Pesantren Raudlatul Mutaallimin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afif, Haidar Syahrul (2023) Strategi kepemimpinan Kiai dalam pembentukan karakter Aswaja dan peningkatan mutu lulusan santri di Pesantren Raudlatul Mutaallimin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haidar Syahrul Afif_D03218012 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kepemimpinan dalam sebuah manajemen pendidikan untuk mencapai sebuah tujuan dari satu keorganisasian, dimana salah satu aspek yang sedang ramai diperbincangkan dari pendidikan adalah karakter dan mutu pendidikan, pembentukan karakter bagi peserta didik di zaman modern ini begitu penting, selain itu mutu lulusan pendidikan juga penting dikarenakan tidak sedikit di Indonesia lembaga pendidikan yang mengabaikan mutu dari lulusan mereka, pondok pesantren merupakan salah satu lembaga yang mengunggulkan pendidikan karakter mereka dengan diiringi mutu lulusan yang baik. penelitian kali ini akan terfokus kepada strategi kepemimpinan kiai terhadap pembentukan karakter aswaja dan peningkatan mutu lulusan santri di pesantren raudlatul mutaallimin. Penelitian kali ini bertujuan untuk Menganalisis Strategi Kepemimpinan Kiai Di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaallimin, Menganalisis Pembentukan Karakter Aswaja Santri Di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaallimin, Menganalisis Mutu Lulusan Dari Santri Pondok Pesantren Raudlatul Mutaallimin, Menganalisis Strategi Kepemimpinan Kiai dalam membentuk karakter aswaja dan meningkatkan mutu lulusan santri di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaallimin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Hasil penelitian yang dilakukan menunujukkan bahwa (1) strategi kepemimpinan yang digunakan kiai dalam pembentukan karakter dan peningkatan mutu lulusan adalah dengan model campuran. (2) pembentukan karakter aswaja yang dilakukan di pesantren adalah dengan cara memberikan pengajian kitab aswaja, serta dengan membiasakan santri untuk mengamalkan amalan aswaja (3) peningkatan mutu lulusan yang ada di pesantren raudlatul mutaallimin dapat dicapai dengan aspek dalam peningkatan mutu lulusan, aspek tersebut antara lain input, proses dan output (4) strategi kepemimpinan kiai dalam pembentukan karakter aswaja dan peningkatan mutu lulusan sangat berpengarh besar, hal itu dibuktikan dengan kiai yang memiliki karakter aswaja maka santri juga akan memiliki karakter aswaja dikarenakan model kepemimpinannya yang kharismatik begitu juga dengan peningkatan mutu lulusan, ketika strategi kiai kurang baik maka seluruh aspek yang ada di pesantren termasuk peningkatan mutu juga akan menjadi kurang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afif, Haidar Syahrulsyahrulafifhaidar@gmail.comD03218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id198207122015031001
Thesis advisorMansyuri, ArifUNSPECIFIED197903302014111001
Subjects: Kurikulum
Manajemen Pendidikan
Pesantren
Keywords: Strategi kepemimpinan; kepemimpinan Kiai; pembentukan karakter; karakter Aswaja; peningkatan mutu lulusan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Haidar Syahrul Afif
Date Deposited: 23 Mar 2023 03:58
Last Modified: 23 Mar 2023 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60336

Actions (login required)

View Item View Item