Pengelolaan program parenting dalam upaya pengembangan karakter peserta didik di SD Islam Terpadu Nurul Fikri Sidoarjo dan SD Al Falah Darussalam Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasojo, Ayyubhan Aji (2023) Pengelolaan program parenting dalam upaya pengembangan karakter peserta didik di SD Islam Terpadu Nurul Fikri Sidoarjo dan SD Al Falah Darussalam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayyubhan Aji Prasojo_D03218009 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidik dengan orang tua dirumah yang tidak adanya kesinambungan antara keduanya salah satu caranya adalah dengan menerapkan program parenting. Dengan adanya program ini bertujuan untuk mengembangan karakter yang dimiliki oleh peserta didik yang dimana didalamnya terdapat beberapa kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan program parenting dalam upaya pengembangan karakter peserta didik. dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian dilakukan di dua lokasi yang berbeda, yaitu SD Islam Terpadu Nurul Fikri Sidoarjo dan SD Al FalahDarussalam Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan proses analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan (1) dukungan orang tua dalam upaya pengembangan karakter dilakukan orang tua dengan berbagai cara seperti halnya tadarus al quran dan murojaah setiap malam agar anak senantiasa membaca al quran, mengikutkan lomba lomba yang mengasah kreatifitasnya dan kemampuannya sehingga percaya dirinya keluar, melaksanakan sholat 5 waktu sebagai kewajiban tanpa harus disuruh terlebih dahulu. (2). Pengelolaan program parenting disini melalui beberapa cara dalam proses manajemen yaitu perencanaan pelaksanaan beserta evaluasi. Untuk perencanaan merencakan waktu, tempat parenting, kepanitiaan, konsumsi, keamanan sedangkan untuk pelaksanaan sdit nurul fikri menerapkan parenting dengan beberapa kegiatan seperti contoh creative family, seminar parenting, outbound, filed trip, bazar day, parent gathering, sedangkan sd al falah darussalam menerapkan parenting seminar dan home visit. Untuk evaluasinya sekolah sdit nurul fikri dilakukan dengan cara diskusi fokus bersama pemangku kepentingan sedangkan sd al falah darussalam dengan angket yang di sebarkan melalui google form kepada para wali murid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasojo, Ayyubhan AjiAyyubhan27@gmail.comD03218009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Anak > Kepribadian
Keywords: Pengelolaan; parenting; pengembangan karakter peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ayyub Prasojo
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:14
Last Modified: 16 Mar 2023 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60348

Actions (login required)

View Item View Item