Jual beli chip game higgs domino island melalui facebook di Sidoarjo perspektif hukum Islam dan pasal 1365 kuhperdata

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yasinta, Julian Dwi Kristaria (2023) Jual beli chip game higgs domino island melalui facebook di Sidoarjo perspektif hukum Islam dan pasal 1365 kuhperdata. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yasinta Julian Dwi Kristaria_C92217182 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis terhadap praktik jual beli chip game higgs domino island melalui Facebook di Sidoarjo dan kedua bagaimana analisis hukum Islam dan KUHPerdata Pasal 1365 terhadap jual beli chip game higgs domino island melalui Facebook di Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum lapangan (field research), dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melihat fakta-fakta dan menggali data yang ada dilapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan, yang dianalisis dengan menggunakan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik jual beli chip di Facebook dilakukan dengan memposting melalui akun facebooknya, kemudian pembeli akan menghubungi penjual untuk melakukan negoisasi, namun praktiknya seringkali penjual tidak amanah bahkan sering tidak mengirimkan chip sesuai yang dibayarkan oleh pembeli, sehingga pembeli merasa dirugikan. Apa yang dilakukan penjual telah memenuhi unsur Pasal 1365 KUHPerdata tentang perbuatan melawan hukum. Pada prespektif Hukum Islam salah satu unsur penting dalam proses jual beli adalah obyek jual beli harus jelas bentuk, kadar dan sifatnya, serta diketahui dengan jelas oleh penjual dan pembeli. Dengan demikian maka Jual beli chip game higgs domino island menurut hukum islam adalah haram karena tidak memenuhi syarat dan rukun jual beli salah satunya karena transaksi ini mengandung maysir. sertaa barang yang diperjual belikan tidak mendatangkan manfaat, dan mengandung mudarat pagi pengguna dan para pihak dalam transaksi jual beli. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan para gamers tidak memperjual belikan chip dari hasil permainan game higgs domino island ini agar tidak menimbulkan unsur maysir dan menjadi sebab haramnya suatu transaksi jual beli, serta tidak memanfaatkan game higgs domino island ini sebagai permaiankan untuk mencari keuntungan melalui penjualan chip agar tidak mengarah kepada perjudian dan melanggar ketentuan syariat islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yasinta, Julian Dwi Kristariayasintajuliandk@gmail.comC92217182
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmi, Chaidaroh--2010097401
Subjects: Game Online
Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Jual beli; Chip Game; jual beli online
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Yasinta Julian Dwi Kristaria
Date Deposited: 17 Nov 2023 01:29
Last Modified: 17 Nov 2023 01:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60355

Actions (login required)

View Item View Item