Analisis pembiayaan akad qard di Bank Wakaf Mikro perspektif fatwa Dewan Syariah Nasional No : 19/DSN-MUI/IV/2001 tentang al-Qard: studi kasus Bank Wakaf Mikro Alpen Barokah Mandiri Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozie, Fachrur (2023) Analisis pembiayaan akad qard di Bank Wakaf Mikro perspektif fatwa Dewan Syariah Nasional No : 19/DSN-MUI/IV/2001 tentang al-Qard: studi kasus Bank Wakaf Mikro Alpen Barokah Mandiri Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Fachrur Rozie_G04215010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembiayaan akad Qard dengan prespektif fatwa dewan syariah nasional yang dilakukan oleh Bank wakaf mikro alpen barokah mandiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sehingga data yang didapatkan oleh peneliti dari Bank Wakaf Mikro Alpen Barokah Mandiri Sumenep yaitu hasil Observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan pihak Bank Mikro serta literatur pendukung yang dianggap relevan untuk dijadikan literatur. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa bank wakaf mikro alpen barokah mandiri dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat sekitar dengan program pinjaman yang diberikan dengan mudah sehingga masyarakat bisa terbantu dalam pinjaman modal usaha yang dilakukan secara akad syariah. Saran sebagai lembaga keuangnan syariah, peran lembaga ini memilikidampak yang signifikan di tengah lingkungan dengan buduaya Islam yang kuat,sehingga bank wakaf mikro alpen barokah mandiri harus meningkatkat kembali sosialisasi kepada masyarakat dan meningkatkan program-program yang menjadikebutuhan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozie, Fachrurabc07krist@gmail.comG04215010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Ekonomi Islam
Keywords: Pembiayaan akad qard; Bank Wakaf Mikro; perspektif fatwa Dewan Syariah Nasional
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: FACHRUR ROZIE
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:26
Last Modified: 09 Mar 2023 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60357

Actions (login required)

View Item View Item