Aktivitas antibakteri dari isolat bakteri probiotik yang terdapat pada saluran pencernaan ikan lele (clarias sp) terhadap bakteri escherichia coli dan staphylococcus aureus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustiningsih, Nadhifah (2023) Aktivitas antibakteri dari isolat bakteri probiotik yang terdapat pada saluran pencernaan ikan lele (clarias sp) terhadap bakteri escherichia coli dan staphylococcus aureus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadhifah Agustiningsih_H71218025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bakteri probiotik merupakan suatu mikroba yang kehadirannya bersifat menguntungkan bagi sel inang yang mampu menyeimbangkan mikroflora dalam usus hingga menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Bakteri probiotik biasa dijumpai pada saluran pencernaan ikan, dan salah satu jenis ikan yang di dalam saluran pencernaanya terdapat bakteri probiotik adalah ikan lele (Clarias sp). Adapun penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jenis bakteri probiotik yang terdapat pada saluran pencernaan ikan lele (Clarias sp) dan potensinya dalam menghambat bakteri Escherchia coli dan Staphylococcus aureus. Identifikasi bakteri probiotik dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pengamatan secara makroskopis, secara mikroskopis dan pengamatan berdasarkan karakteristik biokimia, juga dilakukan uji aktivitas amilolitik, proteolitik untuk melihat kemampuan dalam mendegradasi pati dan protein, terakhir dilakukan uji aktivitas antibakteri secara difusi dengan metode Kirby and Bauer dengan menggunakan kertas cakram atau paper disk. Dari hasil penelitian terdapat empat bakteri probiotik yang terdapat pada saluran pencernaan lele yang terduga berasal dari genus Bifidobacterium, Lactobacillus, Micrococcus, dan Bacillus. Dari hasil uji aktivitas antibakteri, menunjukkan bahwa keempat bakteri probiotik mampu menghambat bakteri uji Escherchia coli dan Staphylococcus aureus. Adapun dari hasil pengukuran zona bening didapatkan hasil bahwa bakteri dari genus Micrococcus efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan bakteri dari genus Bifidobacterium efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustiningsih, Nadhifahnadhifahagustiningsih98231@gmail.comH71218025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com--
Thesis advisorAinun, Itaita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Biologi
Keywords: Bakteri probiotik; saluran pencernaan ikan; antibakteri; daya hambat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Nadhifah Agustiningsih
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:29
Last Modified: 27 Feb 2023 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60360

Actions (login required)

View Item View Item