Ucapan, hati dan perbuatan perspektif Ibn Katsir dan Imam Al Qurtubi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholidah, Aminatul (2020) Ucapan, hati dan perbuatan perspektif Ibn Katsir dan Imam Al Qurtubi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aminatul Cholidah _E03213012.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Aminatul Cholidah _E03213012 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kegelisihan akademik mengenai perbedaan penafsiran antara Ibnu Kathir dan al-Qurtubi dalam menafsirkan surat al-Shaff ayat 2-3 yang berkaitan dengan ucapan, hati, dan pikiran. Penelitian ini akan mencoba mengkomparasikan mengenai penafsiran antara Ibnu Kathir dan al Qurtubi untuk mencari perbedaan dan persamaan antara ke dua penafsiran tersebut. Fokus masalah dalam penelitian ini yakni menjawab bagaimana penafsrian surat al-Shaff ayat 2-3 menurut Ibnu Kathirdan al-Qurtubi serta bagaimana penerapan ketidak sesuaian ucapan, hati dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk menganalisa persamaan dan perbedaan penafsiran tafsir Ibnu Kathirdan al-Qurtubi dalam menafsirkan surat al-Shaffayat 2-3. Penelitian ini memakai kerangka teoretik tafsir komparasi sebagai pisau analisis untuk menganalisa data penelitian. Secara metodologis, penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dalam bentuk literatur yang kemudian dianalisa secara deskriptif. Output dari penelitian ini adalah adanya perbedaan yang cukup siginifikan antara penafsiran Ibnu Kathir yang berfokus pada konteks menepati janji dengan tafsir al-Qurtubi yang memiliki penekanan bahwa surat al Shaffayat 2-3 adalah kewajiban melaksanakan apa yang telah di ucapakan. Namun, secara esensial, antara Ibnu Kathirdan al-Qurtubi memiliki persamaan penafsiran dalam hal kewajiban untuk menepati janji sebagai konsekuensi atas kekonsistenan hati, ucapan, dan perbuatan. Dalam kehidupan sehari hari, kekonsistenan hati, ucapan dan perbuatan dapat dilakukan dengan berbagai cara sederhana seperti intropeksi diri sebelum menasehati orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholidah, Aminatulaminatulcholida95@gmail.comE03213012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarofah, Musyarofahe.musyarrofah@yahoo.co.id2014067102
Subjects: Akhlak
Keywords: Janji; Komparasi; Konsistensi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: aminatul cholidah
Date Deposited: 01 Jan 2024 13:43
Last Modified: 01 Jan 2024 13:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60378

Actions (login required)

View Item View Item