Pengaruh resiliensi terhadap self-adjustment pada santri baru Pondok Pesantren Fadllillah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alim, Alif Muhammad Amirul (2023) Pengaruh resiliensi terhadap self-adjustment pada santri baru Pondok Pesantren Fadllillah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alif Muhammad_J01217008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegagalan dalam menyesuaikan diri di lingkungan yang baru adalah problematika yang umum terjadi di masyarakat, terlebih di rana pesantren. Berdasarkan hasil wawancara pra penelitian, masih banyak santri baru tidak betah tinggal di pondok akibat jauh dari orang tua, kegiatan yang padat, korban perceraian. Kemampuan untuk bertahan dan bangkit dari tekanan maupun stres ialah resiliensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh resiliensi terhadap self-adjustment menggunakan rancangan penelitian kuantitatif regresi dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan pembagian kuesioner yang telah disusun berdasarkan aspek self-adjustment dan resiliensi. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 100 terdiri dari 50 santriwan dan 50 santriwati. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji analisis regresi sederhana untuk menguji pengaruh antar variabel dengan bantuan Statistical Package for Social Science (SPSS). Hasil temuan penelitian bahwa resiliensi berpengaruh positif signifikan terhadap self-adjustment dengan signifikansi sebesar 0,000 atau < 0,01. Nilai signifikansi sebesar 0,000 atau < 0,01. Sehingga hipotesis diterima, adapun sumbangsi pengaruh resiliensi terhadap self-adjustment sebesar 0,414 atau 41,4%. Kemudian 58,6 % dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah adanya pengaruh resiliensi secara positif signifikan terhadap self-adjustment pada santri baru MTs pondok pesantren Fadllillah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alim, Alif Muhammad Amirulalifmuhammad2903@gamil.comJ01217008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJainudin, Jainudinjainudin1962@yahoo.com2008056201
Subjects: Pesantren
Santri
Keywords: Resiliensi; self-adjustment; santri baru; Pondok Pesantren Fadllillah
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: ALIF MUHAMMAD
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:36
Last Modified: 06 Mar 2023 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60380

Actions (login required)

View Item View Item