Pesan dakwah dalam film pendek Sebuah Langkah Kecil: analisis semiotik Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafisah, Iklil (2022) Pesan dakwah dalam film pendek Sebuah Langkah Kecil: analisis semiotik Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iklil Nafisah_B01218016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana epresentasi pesan dakwah yang terdapat dalam film pendek Sebuah Langkah Kecil. Adapun fokus permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu: bagaimana representasi pesan dakwah dalam film pendek Sebuah Langkah Kecil. Untuk menjawab pertanyaan yang diajukan, peneliti menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce dengan mengenakan 3 (tiga) macam yaitu ikon, indeks dan simbol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengamati dan mencatat secara sistematik terhadap tanda atau simbol pada objek penelitian. Selanjutnya diambil beberapa scene atau adegan yang mengandung pesan dakwah. Dari survey yang telah dilakukan, ditemukan 5 pesan dakwah yang terdapat pada film. Pesan dakwah disampaikan oleh produser film pendek Sebuah Langkah Kecil melalui adegan yang diperankan oleh tokoh dalam film. Pesan dakwah tersebut yaitu sholat berjamaah, syukur, saling memaafkan, dan ukhuwah islamiyah dengan cara menebarkan salam dan berjabat tangan. Yang terakhir yaitu pesan dakwah untuk saling memaafkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafisah, Iklilnafisahiklil@gmail.comB01218016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id2021087302
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah bil Lisan
Dakwah > Dakwah - Metode
Keywords: Da'wah Message; Movie; A Small Step; Semiotic Analysis; Pesan Dakwah; Film; Sebuah Langkah Kecil; Analisis Semiotik.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Iklil Nafisah
Date Deposited: 16 Sep 2023 14:43
Last Modified: 16 Sep 2023 14:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60385

Actions (login required)

View Item View Item