Peran Partai Politik Islam dalam pendidikan politik bagi masyarakat sidoarjo periode 2009-2014: analisis UU NO : 2/2011 tentang partai politik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasrullah, Nasrullah (2016) Peran Partai Politik Islam dalam pendidikan politik bagi masyarakat sidoarjo periode 2009-2014: analisis UU NO : 2/2011 tentang partai politik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peran Partai Politik Islam dalam Pendidikan Politik bagi Masyarakat Sidoarjo Periode 2009 – 2014 (Analisis UU No: 2 / 2011 Tentang Partai Politik)” ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana peran partai politik Islam dalam pendidikan politik bagi masyarakat Sidoarjo periode 2009-2014 dan bagaimana peran partai politik Islam dalam pendidikan politik bagi masyarakat Sidoarjo periode 2009-2014 menurut UU No: 2 / 2011 Tentang Partai Politik. Data penelitian dihimpun dengan melalui wawancara dan dokumenter. Teknik analisis data dengan menggunakan metode deskriptif analisis yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran mengenai objek penelitian seara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara Undang-Undang dengan pelaksanaan perogram. Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis dengan pola fikir deduktif. Hasil penelitian menjelaskan, bahwa model pendidikan politik yang diterapkan oleh DPD PKS Kabupaten Sidoarjo kepada masyarakat dan anggotanya meliputi: model dialog interaktif, bakti sosial, training Orientasi partai, advokasi terhadap masyarakat, pengkaderan yang berjenjang dan bertingkat. Untuk pola rekrutmen kader dan jenjang pengkaderan yang diterapkan oleh PKS di antara lain: PKS terbuka terhadap siapapun, melalui kelompok tertentu, membentuk komunitas, dan jenjang dalam kaderisasi dan seleksi dan syarat untuk menjadi calon legislatif dan eksekutif, dengan menggunkaan pola rekrutmen yang sesuai dengan Undang-Undang yang dilakukan secara demokaratis. Hasil analisis pasal 34 ayat (3b) UU No 2/2011 mengenai model-model pendidikan politik yang diterapkan oleh DPD PKS Sidoarjo sudah sesuai karena sudah terpenuhi unsur-unsur di dalamnya. Dalam pasal 29 UU No 2/2011 mengenai pola rekrutmen juga sudah sesuai dan sejalan. Pengurus DPD PKS Sidaoarjo sudah menjalankan seleksi kaderisasi secara berjenjang yang sesuai juga dengan AD ART yang ada dalam partai itu sendiri. Penulis mengharapkan agar seluruh partai politik untuk mengoptimalkan program yang menunjang berjalannya pendidikan politik untuk masyarakat agar terjadi penyetaraan dan pendewasaan dalam pemahaman tentang politik. Bagi masyarakat, penulis mengharapkan agar seluruh masyarakat lebih selektif dalam memilih partai politik, dan lebih aktif untuk mengawasi pendidikan politik yang harus dijalankan oleh setiap partai politik sesuai dengan yang diamanahkan Undang – Undang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasrullah, Nasrullah--C23211077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYasin, Achmadachmadyasin650@gmail.com2027076702
Subjects: Partai Politik
Keywords: Partai Politik Islam; Pendidikan Politik; Pendidikan Masyarakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Nasrullah Nasrullah
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:00
Last Modified: 23 Mar 2020 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6039

Actions (login required)

View Item View Item