Konsep kebahagiaan: studi komparasi Imam Al-Ghazali dan Ibn Sina

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Timurinah, Rinalim (2023) Konsep kebahagiaan: studi komparasi Imam Al-Ghazali dan Ibn Sina. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Timurinah_E77218056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis mencoba mengkaji tentang bagaimana konsep kebahagiaan menurut Al-Ghazali dan Ibn Sina. Latar belakang masalah dalam penelitian ini dirumuskan dengan: 1) Bagaimana konsep kebahagiaan menurut Imam Al-Ghazali dan Ibn Sina. 2) Bagaimana persamaan dan perbedaan al-Ghazali dan Ibn Sina dalam konsep kebahagiaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian berbasis Library Research atau metode Kepustakaan yang dimana dalam memperoleh data, bahan utamanya adalah bersifat pustaka baik primer maupun sekunder. Dalam penulisan ini sumber primer didapatkan langsung dari kitab Kimiya As-Sa’adah dan Ihya’ Ulumuddin jilid 4 dan 5 karya Imam Al-Ghazali serta Psikologi Islam terjemahan dari kita Ragam Kondisi Jiwa: Kekekalan dan Tempat kembalinya dan Tiga Risalah Tentang Jiwa karya Ibnu Sina. Sedangkan bahan sekunder didapatkan dari selainnya yang bersifat mendukung atau berkaitan dengan penelitian ini seperti karya ilmiah yang berbentuk jurnal, artikel, skripsi, thesis dan buku-buku yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan menurut Imam Al-Ghazali adalah merasakan kelezatan atau kenikmatan pada suatu kecenderungan yang menjadi tabiat segala sesuatu. Tabiat segala sesuatu merupakan berdasarkan tujuan penciptaannya. Kebahagiaan manusia dan kenikmatan untuknya adalah Ma’rifatullah (Mengenal Allah). Ibn Sina membahas mengenai kebahagiaan secara spiritual. Pandangan Ibn Sina tentang kebahagiaan spiritual berkolerasi pada ruh / jiwa. Kebajikan merupakan hal yang berhubungan dengan kebahagiaan spiritual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Timurinah, Rinalimrinalim045@gmail.comE77218056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHodri, Hodrihodria@yahoo.com2017117001
Subjects: Psikoterapi
Tasawuf
Tuhan
Keywords: Konsep kebahagiaan; Imam Al-Ghazali; Ibn Sina
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Timurinah Timun Rina
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:43
Last Modified: 11 Jul 2023 04:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60419

Actions (login required)

View Item View Item