Pengaruh impor kapal perang jenis strategic sealift vessel terhadap kerja sama militer Filipina-Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farizi, M. Fuad Hasan Al (2023) Pengaruh impor kapal perang jenis strategic sealift vessel terhadap kerja sama militer Filipina-Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Fuad Hasan Al Farizi_I02216018.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kerja sama militer Filipina-Indonesia yang dilatarbelakangi oleh tender kapal perang oleh Filipina untuk menambah alutsista pertahanan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh impor kapal perang jenis Strategic Sealift Vessel terhadap kerja sama militer Filipina-Indonesia.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan studi literatur.Teori yang digunakan untuk menganalisa adalah teori perdagangan internasional dan kerja sama militer.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kerja sama Filipina-Indonesia sebelum impor kapal perang jenis Strategic Sealift Vessel hanyalah bermotif politik dan keamanan internasional yang bertujuan untuk melindungi dari ancaman internal maupun eksternal.Sedangkan kerja sama Filipina-Indonesia setelah impor kapal perang jenis Strategic Sealift Vessel bermotif ekonomi,politik dan keamanan internasional.Ditemukan fakta bahwa Filipina mengadakan tender kapal perang yang dimenangkan oleh Indonesia yang bernilai USD 90 Juta pada tahun 2014,lalu menyepakati kerja sama MoU yang berisi tentang kerjasama logistik dan industri pertahanan dengan komitmen peningkatan ekonomi yang berkaitan dengan industri persenjataan pada tahun 2016.Kemudian berlanjut pada penandatanganan kontrak jual beli kapal perang jenis Strategic Sealift Vessel dan kesepakatan kerja sama JDSCC dibidang pertahanan dan keamanan pada tahun 2021.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farizi, M. Fuad Hasan Alnm475213@gmail.comI02216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayatullah, Nur Luthfiluthfi2006@gmail.com2009049102
Subjects: Hubungan Internasional
Militer
Keywords: Impor; kapal perang jenis strategic sealift; kerjasama militer
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Fuad Hasan Hasan
Date Deposited: 01 Mar 2023 06:37
Last Modified: 01 Mar 2023 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60428

Actions (login required)

View Item View Item