Studi kasus pengasuhan orang tua dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di Dukuh Wonocolo Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Siti Alfiyah Uswatul (2022) Studi kasus pengasuhan orang tua dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di Dukuh Wonocolo Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Alfiyah Uswatul Khasanah_D99218073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pola pengasuhan orang tua pada anak usia dini sebagai upaya untuk meningkatkan kemandirian sejak usia dini. Sehingga membantu orang tua lebih lanjut dengan memberi wawasan tentang tanggung jawab untuk membimbing dan mengasuh anak-anaknya sehingga mereka dapat berkembang secara maksima dan dapat melahirkan generasi yang unggul serta memiliki sikap dan perilaku yang mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pola pengasuhan orang tua pada anak usia dini di Dukuh Wonocolo Kelurahan Jemu Wonosari Kecamatan Wonocolo Surabaya (2) mengetahui cara pengasuhan orang tua dalam meningkatkan kemandirian pada anak usia 5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian, case study research (studi kasus) yang metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Setelah data terkumpul proses selanjutnya adalah analisis data yang prosesnya dimulai dari reduksi data, menyajikan data serta verifikasi. Triangulasi digunakan sebagai teknik pengujian keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap orang tua memiliki perinsip sendiri untuk mengasuh dan mendidik anaknya, terdapat tiga pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anak untuk meningkatkan kemandirian. Pola asuh tersebut antara lain pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Hasil meningkatkan kemandirian anak usia 5 tahun di Dukuh Wonocolo Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Surabaya dapat dilihat dari jenis pola pengasuhan yang diterapkan orang tua kepada anak. Pola asuh demokratis termasuk kategori tinggi yang memiliki anak dengan kemandirian lebih baik, dibandingkan dengan orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter dan permisif. Orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter termasuk kategori sedang yang memiliki anak dengan kemandirian lebih baik, dibandingkan dengan orang tua yang menerapkan pola asuh permisif termasuk kategori rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Siti Alfiyah Uswatulsitialfiyahuswatulkhasanah15@gmail.comD99218073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorDjiwo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto----
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Anak > Kepribadian
Keywords: Pengasuhan; kemandirian AUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Siti Alfiyah Uswatul Khasanah
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:06
Last Modified: 02 Mar 2023 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60434

Actions (login required)

View Item View Item