Pengaruh kebersyukuran terhadap kebahagiaan Santri Al Jihad Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Almahira, Kays Jiddan (2023) Pengaruh kebersyukuran terhadap kebahagiaan Santri Al Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kays Jiddan Almahira_J71218049 OK.pdf

Download (760kB)

Abstract

Kebahagiaan adalah komponen penting dari kehidupan, terlepas dari latar belakang, usia, tempat tinggal, kelas sosial, atau agama mereka. Kebahagiaan terus dicari orang di setiap waktu dan tempat. Dengan rasa syukur seseorang dapat menikmati apa yang dia miliki daripada apa yang tidak dia miliki. Kebersyukuran membawa rasa kepuasan diri untuk membuat hidup tampak lebih bahagia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 508 subjek yang merupakan santri dari pondok pesantren Al-Jihad Surabaya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling. Skala digunakan untuk mengetahui tingkat kebersyukuran dan tingkat kebahagiaan. Terdapat 221 responden dengan mayoritas berada pada tingkat kebahagiaan sedang, dan mayoritas berada pada tingkat kebersyukuran sedang pula. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh kebersyukuran terhadap kebahagiaan yang berjalan ke arah positif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kebahagiaan meningkat seiring dengan tingkat kebersyukuran seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Almahira, Kays Jiddanjiddan.pakpres@gmail.comJ71218049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnanylufianaharnany2017@gmail.com0027027604
Thesis advisorRosyidi, Hamimhamimrosyidi@gmail.com2024086201
Subjects: Santri
Keywords: Kebersyukuran; Kebahagiaan
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Kesehatan
Depositing User: Kays Jiddan Almahira
Date Deposited: 25 Nov 2023 04:18
Last Modified: 25 Nov 2023 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60446

Actions (login required)

View Item View Item